PERAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGEMBANGAN VOKASI PENDIDIKAN TINGGI

Authors

  • B. Limbong Tampang

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya kemajunan teknologi informasi
dan komunikasi telah menciptakan tradisi dan budaya baru dalam peradaban umat manusia.
Perubahan yang diakibatkan oleh teknologi informasi lebih dahsyat dibandingkan dengan perubahan
dari era pertanian menjadi era industri yang diawali dengan revolusi Perancis pada tahun 1789.
Teknologi informasi dapat menjadikan dunia maya menjadi dunia nyata berada di hadapan kita.
Dengan hanya termenung di depan komputer di tempat yang sepi nan sempit, kita dapat membuka
cakrawala dunia yang sangat luas (a universe exists behind the computer screen). Dunia tidak
dibatasi lagi oleh ruang dan waktu, dari kejauhan yang beribu-ribu kilometer jauhnya kita bisa
mengungkapkan perkataan, menyampaikan senyuman dan dapat menyalurkan sentuhan lewat
tombol-tombol yang ada dalam komputer (we can chat without speaking, smile without grinning, hug
without touching). Dengan demikian, maka segala aktivitas pendidikan akan lebih mudah dan cepat.
Lembaga pendidikan harus memahami dengan baik kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks
terutama diikuti oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Untuk menghasilkan
lulusan lembaga pendidikan yang memiliki kompetensi dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat
ini, masalah yang harus ditanggulangi dalam proses pendidikan, yaitu bagaimana mengelola lembaga
pendidikan agar mampu memenuhi tuntutan pasar kerja, dan tidak menyisahkan banyak
pengangguran. Solusi yang paling tepat adalah meningkatkan kualitas pembelajaran yang
mengadopsi praktik manajemen yang dipadukan dengan kemajuan teknologi informasi. Dalam dunia
pendidikan pemanfaatan teknologi informasi diwujudkan suatu sistem yang disebut eletronic university
(e-University) yang bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga perguruan
tinggi dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik kepada komunitasnya, baik di dalam
maupun di luar perguruan tinggi tersebut dengan memadukan personal computer (notebook), internet
dan fasilitas teknologi pembelajaran lainnya. Vokasi pendidikan tinggi tampak jelas dengan adanya
banyak pendidikan tinggi swasta di ruko-ruko, karena pendidikan telah berubah menjadi pelatihan,
sehingga tidak memerlukan suatu kampus pendidikan dengan fasilitas perpustakaan, laboratorium
dan sarana-sarana pendidikan lainnya.
Kata Kunci: Teknologi Informasi, Vokasi Pendidikan Tinggi

Downloads

Published

2012-04-24

Issue

Section

Articles