PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS III SDN 2 PENARUKAN

Authors

  • Ni Nengah Ranti

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v14i1.8331

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKN melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Prosedur kajian dilaksanakan dengan pola siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Penarukan yang berjumlah 25 orang. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari kategori cukup aktif pada siklus pertama menjadi kategori aktif pada siklus kedua. Demikian juga terhadap prestasi belajar siswa, dari nilai rata-rata 73,60 dengan ketuntasan klasikal 64% pada siklus pertama meningkat menjadi 80,00 dengan ketuntasan klasikal sebesar 84% pada siklus kedua. Jadi, melalui penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar PKn pada siswa kelas III SDN 2 Penarukan.

Kata-kata kunci : Teams Games Tournament , aktivitas belajar, prestasi belajar

Published

2016-03-01

Issue

Section

Articles