IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD N 2 KALIUNTU SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Gusti Nyoman Darmika

DOI:

https://doi.org/10.23887/ika.v14i1.8335

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD N 2 Kaliuntu Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng pada Kelas IV Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014 yang bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Kaliuntu semester Genap tahun pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data hasil belajar melalui tes prestasi belajar yang dilaksanakan setiap akhir proses pembelajaran. Data penelitian dimaknai melalui proses analisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan menyajikan rata-rata, daya serap dan ketuntasan belajar dalam bentuk tabel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran CTL untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Kaliuntu semester Genap tahun pelajaran 2013/2014, terlihat dari hasil yang diperoleh pada awalnya hasil belajar rata-rata 62 dengan ketuntasan belajar 45%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I prestasi belajar anak mengalami peningkatan hasil belajar menjadi rata-rata 62,75%. Selanjutnya pada siklus II meningkat lagi menjadi; menjadi rata-rata 80,25%. Hasil yang diperoleh pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan sehingga penelitian tidak dilanjutkan.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N 2 Kaliuntu semester Genap tahun pelajaran 2013/2014.

Kata-kata kunci: CTL, HasilBelajar.

Published

2016-03-01

Issue

Section

Articles