Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tema Hidup Rukun pada Siswa Kelas II

Authors

  • Ni Ketut Suti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16257

Abstract

This study aimed at improving the students’ motivation to learn by implementing Think-Pair-Share (TPS) type of cooperative learning model.. The subjects were 24 second grade students of SD N 1 Darmasaba in the first semester of the academic year 2016/2017. The type of this research was classroom action research (CAR). The data collected by observation method. The data obtained were analyzed using descriptive statistical analysis. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the application of Think-Pair-Share (TPS) type of cooperative learning model can improve the learning motivation of second grade students of SD N 1 Darmasaba. It can be seen from the improvement of the average of students’ learning motivation from cycle I which was 18 to 23 in cycle II. The classical completeness of students also increased from 75% in the first cycle to 92% in the second cycle.

References

Agung, A. A. G. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Singaraja.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Akara.

Arta Negara, I Komang. 2007. Pengaruh Strategi Think Pair Share (TPS) Berfasilitas Program Aplikasi Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa SMP Negeri 1 Banjar Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Teknologi Pendidikan, Undiksha Singaraja.

Azizah. 2013. ”Penerapan Pendekatan Struktural Metode Think Pair Share (Tps) Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa “. Tersedia pada e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 7 Tahun 2013

Cece. 1987. Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Endang & Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Business Center SMKN 7 Jakarta Timur.

Ibrahim et.al. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Cetakan pertama. Surabaya: Unise

Joyce B., Weil M., and Calhoun E. 2009. Models of Teaching : Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mertasari, Ni Made Sri. 2003. ”Pengaruh Model Tes Terhadap Motivasi Belajar Matematika dengan Mempertimbangkan Tingkat Kesukaran Tes”. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slavin, R.E.1997. Educational Psychology Teory and Practice. 5th (ed). Singapore: Allyn and Bacon.

Suparya, I Kt. 2010. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (ttw) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran sains di sekolah dasar, Tesis (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Ganesha.

Surayya. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”. Tersedia pada e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 4 Tahun 2014.

Suteja, Wayan. 2007. “Kontribusi Kecerdasan, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Selat Karangasem”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

-------. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media.

University Press.

Downloads

Published

2018-12-10

How to Cite

Suti, N. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tema Hidup Rukun pada Siswa Kelas II. Journal of Education Action Research, 2(3), 206–211. https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16257