PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL BUDAYA BALI PADA PEMBELAJARAN DESIGN GRAFIS DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 SAWAN

Authors

  • I Gede Jaka Mahendra Politeknik Ganesha Guru, Denpasar, Bali
  • Kadek Agus Hendra Pujawan Politeknik Ganesha Guru, Denpasar, Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16186

Keywords:

Multimedia Interaktif, Dick and Carey, Design grafis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis kontekstual budaya bali yang berkualitas dan
siap diimplementasikan pada pembelajaran desain grafis di Kelas X SMK Negeri 1 Sawan. Model pengembangan yang
digunakan adalah model Dick & Carey yang terdiri dari 8 tahapan. Multimedia yang dihasilkan divalidasi oleh pakar desain
grafis yang selanjutnya diujikan secara perorangan dan kelompok kecil untuk memperoleh respons pengguna. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa pada aspek tampilan, grafis, pengoperasian program dan tata bahasa yang dilakukan oleh ahli media
memperoleh hasil kalkulasi sebesar 85% berada pada kualifikasi baik. Pengujian pada aspek pembelajaran, kurikulum dan
desain interface yang dilakukan oleh ahli desain pembelajaran memperoleh hasil kalkulasi sebesar 89% berada pada kualifikasi
baik. User/guru pengajar memberikan respon baik. Uji coba perseorangan yang dilakukan mendapat respon baik. Uji coba
kelompok kecil memperoleh hasil kalkulasi sebesar 90% berada pada kualifikasi sangat baik. Uji coba lapangan yang
dilakukan memperoleh hasil kalkulasi sebesar 87% berada pada kualifikasi baik

References

Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar evaluasi. Jakarta: Bumi aksara.

Ghufron, Anik dkk. 2007. Panduan Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Lee, Szu Hsin;Tseng, Hui Ching, 2008. “Investigation of Technology Integrated Instruction in Art Education: A

Case Study of Exploring Learning Achievement” Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 17

(3), pg. 337-361.

Mochamad Miswar Hadibin, Bambang Eka Purnama, Gesang Kritianto, 2012.“Pembangunan Media

Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semster Ganjil Pada Sekolah Menengah Kejuruan

Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif”, Jurnal Speed 13, Vol 9 No 2:432-437.

Sudarma, I K. & I M. Tegeh. 2007. Penelitian Pengembangan (Pengembangan Produk-Produk di Bidang

Teknologi Pendidikan). Makalah Disajikan dalam Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian

Pengembangan di Jurusan Teknologi Pendidikan Undiksha. Singaraja:Januari.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung :

Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka

Uno,Hamzah.(2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan

Efektif.Jakarta: PT Bumi Aksara

Wang, Ling, 2008. “Developing and Evaluating an Interactive Multimedia Instructional Tool: Learning Outcomes

and User Experiences of Optometry Students”, Journal of Educational Multimedia and Hypermedia,17(1)

pg. 43-57.

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Mahendra, I. G. J., & Pujawan, K. A. H. (2019). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL BUDAYA BALI PADA PEMBELAJARAN DESIGN GRAFIS DI KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 1 SAWAN. Journal of Education Technology, 2(2), 81–86. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16186

Issue

Section

Articles