Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Penyusunan Rencana Kerja Sekolah Melalui Metode Focus Group Discussion Di SMA Binaan Kabupaten Lamongan Tahun 2016

Main Article Content

Salamun Salamun

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKAS) di SMA Binaan melalui metode Focus Group Discussion. Rancangan penelitian tindakan Sekolah ini terdiri dari 3 siklus. Subyek/responden penelitian adalah dua belas SMA yang merupakan Sekolah Binaan Kepengawasan, baik Kepengawasan Manajerial maupun Pengawasan Akademik. Metode analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif penskoran yang kemudian diubah menjadi nilai. Indikator keberhasilan dari penelitian ini untuk siklus1, siklus 2 dan siklus 3 adalah minimal 75% dari responden mencapai nilai minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus 1 banyak Kepala Sekolah yang telah mencapai nilai 75 ada sebanyak 10 orang atau mencapai 83,33%. Pada siklus 2 banyak Kepala Sekolah yang telah mencapai nilai 75 ada sebanyak 11 orang atau mencapai 91,67%. Sedangkan pada siklus 3 banyak Kepala Sekolah yang telah mencapai nilai 75 ada sebanyak 9 orang atau mencapai  75%. Jika dibandingkan dengan Indikator Keberhasilan pada siklus 1, siklus 2 maupun siklus 3, maka ke tiga siklus tersebut dapat dikatakan berhasil.

Article Details

Section
Articles