Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Banjar Jawa

Authors

  • A.A. Istri Dianika Perama Dewi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14217

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay  berbantuan media visual. Penelitian ini dilakukan di kelas VB SDN 1 Banjar Jawa yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA adalah tes objektif pilihan ganda yang berjumlah 20 butir. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif.  Data hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil tes kompetensi pengetahuan muatan IPA pada pra siklus, siswa yang mencapai nilai ≥80 mancapai 3% dari 38 siswa, sedangkan pada siklus I meningkat  sebesar 77,87% menjadi 80,87% dari 38 siswa, dan diakhir siklus II meningkat sebesar 1,55% menjadi 82,42% dari 38 siswa, Peningkatan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari prasiklus sampai siklus II yaitu sebesar 0,50 (79,42%) atau berada pada kategori sedang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB semester II tahun pelajaran 2017/ 2018 di SDN 1 Banjar Jawa.

References

Abdurrahman dan Bintoro. 2000. Perbedaan Kooperatif Learning dan Konvensional. http://blognyaalul. blogspot.com/2010/12. Diakses Tgl. 06 Februari 2018.

Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statiska Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish

-------. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing

Anita Lie. 2002. Cooperative Learning, Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas.Jakarta:PT. Grasindo

Arikunto, Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Asnawir dan Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers

Djojosoediro, Wasih. 2010. Modul Universitas Pendidikan Indonesia Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Tersedia pada http://file.upi.edu/Direktori/DUALMODES/PENDIDIKAN_IPA_DI_SD/BBM_5.pdf. (Diakses tanggal 06 Februari 2018 ).

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama

Kusumah, Wijaya.2010.Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Kedua. Jakarta : PT Indeks.

Miarso, Yusuf Hadi. 2007. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Mulyasa. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakter dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munadi, Yudhi.2013. Media Pembelajaran( Sebuah Pendekatan Baru).Jakarta : Referensi

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana

Prawiladilaga, Dwisalma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Pringgawidagda, Suwarno. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Kencana

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Rakhmat, Cece dan Suherdi, Didi. 1999. Evaluasi Pengajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sadiman, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 2010.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: CV.Alfabeta

Sukardi, H.M.2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya.Jakarta : Bumi Aksara

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta : Kencana

Usman, Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2018-07-30

How to Cite

Perama Dewi, A. I. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas VB Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 di SDN 1 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14217

Issue

Section

Articles