Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Alamsah Ade Pradana PGSD Universitas PGRI Semarang
  • Supandi Supandi
  • Iin Purnamasari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16155

Abstract

                Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Cooperative Script efektif terhadap hasil belajar bahasa inggris kelas III di SD Negeri 03 Kalitorong Kabupaten Pemalang, dilihat pada ketuntasan dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berbasis proyek dalam bentuk rancangan penelitian pre eksperimental dengan jenis one-group pretest-posttest design. Jumlah sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 03 Kalitorong Kabupaten Pemalang. Instrumen yang digunakan berupa tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script memberikan perbedaan signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan thitung sebesar 9,542 sehingga thitung lebih besar dari pada ttabel (9,542 > 1,729 ). Hasil belajar siswa dapat dilihat dari perolehan posttest yang lebih tinggi dari pada nilai pretest. Rata-rata nilai pretest diperoleh 54,8 sedangkan posttest diperoleh rata-rata 77,45. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Cooperative Script dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______________. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta: Bumi Aksara.

Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 1976. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha nasional

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinneka Cipta

Hanafiah & Suhana Cucu. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Jawa Pos. 22 April 2008. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm. 3

Jeremy, Harmer. The Practice of english language Teaching.

Kansil, C.L. 2002. Orientasi Baru Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesional dalam Memenuhi Kebutuhan Dunia Idustri. Transpor, XX(4): 54-5 (4): 57-61.

Komsiyah, Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Kumaidi. 2005. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 5, No. 4,

Kuntoro, T. 2006. Pengembangan Kurikulum Pelatihan Magang di STM Nasional Semarang: Suatu Studi Berdasarkan Dunia Usaha. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: PPS UNNES

Nur, Edwina Rusvita, Wakidi, Muhammad Basri. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Kognitif. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Volume 5 Nomor 6.

Pitunov, B. 13 Desember 2007. Sekolah Unggulan Ataukah Sekolah Pengunggulan ? Majapahit Pos, hlm. 4 & 11.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Shoimin, Ariz. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soelistiyanto, Eko. 2014. Penerapan Pembelajaran Model Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Evolusi Di Kelas Xii Ipa3 Sma Negeri 2 Jember. Pancaran, Vol. 3, No. 4, hal 37-46.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sufazen, Nurulita. 2014. Keefektifan Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar IPS. Journal of Elementary Education (JEE) Volume 3 (2) diakses melalui http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Trilarasati, Yuli , Iskandar Syah dan Muhammad Basri. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Volume 2 Nomor 1.

Waseso, M.G. 2001. Isi dan Format Jurnal Ilmiah. Makalah disajikan dalam Seminar Lokakarya Penulisan artikel dan Pengelolaan jurnal Ilmiah, Universitas Lambungmangkurat, 9-11Agustus

Ysh, Soegeng. 2016. Dasar-dasar Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Downloads

Published

2018-11-28

How to Cite

Pradana, A. A., Supandi, S., & Purnamasari, I. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 382–388. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16155