Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika

Authors

  • Rizky Ratna Wijayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia.
  • Stefanus Christian Relmasira
  • Janelle Lee Juneau

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16159

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 3 SD Negeri Sumogawe 01 Getasan. Analisis data menunjukan hasil belajar siswa dalam kategori tidak tuntas mengalami penurunan. Dalam pra siklus ketidak tuntasan yang dicapai sebesar 57,5%, pada siklus 1 mengalami penurunan menjadi 32,5% dan pada siklus kedua mengalami penurunan hingga mencapau angka 7,5%. Sedangkan untuk kemapuan berpikir kritis siswa juga mengalami peningkatan yang cukup baik, pada pra siklus dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa rata-rata hanya 62% dalam kategori rendah, pada siklus I meningkat menjadi 68% pada kategori sedang, dan pada pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 68% dalam kategori sedang

References

Anwar, K., & Harmi, H. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulu Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Manajemen Peneitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, H. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika , 911.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

M, R. (2013). Meningkatkan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas Viiasmp Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan) , 112.

Maulana. (2017). Kemampuan Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Nurzakiaty, Ida. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral Di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Peluang, Volume 3, Nomor 2.

Puspitasari, Luki. 2015. Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) DALAM Peningkatan Pembelajaran IPA Di Kelas V. Kalam Cendekia, Volume 4, Nomor 2.

Ramlan, M. 2013. Meningkatkan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (MAPAN), VOL. 1 NO. 1.

Relmasira, S. C., & Romadhoni, M. F. (2018). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay dan Quantum Teaching Dilihat dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 1 , 95.

Rihadatulaisy, D. (2016, May 15). Tujuan Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2006 (BSNP). Retrieved Januari 2, 2018, from Ktz30: http://katazikurasana30.blogspot.co.id/2016/05/tujuan-pembelajaran-matematika-dalam.html

Sharan, S. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia.

Suryadi, D. (2011). Pendidikan Matematika. didi-suryadi.staff.upi.edu , 16-18.

Tarim, K., & Akdeniz, F. (2007). The effects of cooperative learning on Turkish elementary students’ mathematics achievement and attitude towards mathematics using TAI and STAD methods. Edu Stud Math .

Tinungki, G. M. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. IISTE .

Ujiati, Cahyaningsih. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 4 No.1

Downloads

Published

2018-11-28

How to Cite

Wijayanti, R. R., Relmasira, S. C., & Juneau, J. L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 412–419. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16159