Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Nuro Alfain Nova Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16161

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III B SD Negeri Kebonbatur 02 Mranggen pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III.B tahun 2017/2018 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, serta guru mata pelajaran IPA. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh hasil pengamatan terhadap persentase aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 72,52% menjadi 81,71% pada siklus II. Demikian pula performansi guru pada siklus I mencapai 82,5 dan meningkat menjadi 91,3 pada siklus II. Sedangkan, persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 58,82% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 73,56 dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 94,12% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,5. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model kooperatif tipe NHT telah berhasil meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar mata pelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi siswa kelas III.B SD Negeri Kebonbatur 02 Mranggen. Saran untuk semua pihak terkait diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini tentang Model Kooperatif Tipe NHT, sehingga diharapkan dapat memperoleh temuan-temuan baru yang bermanfaat demi mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdani. 2011. Komponen Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Herawati, Dera Dwi, Dwi Wahyuni, Jekti Prihatin. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Head Together) Dengan Media Komik Pada Materi Pengelolaan Lingkungan Guna Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar (Siswa Kelas Vii C Smp Negeri 1 Semboro Jember). Pancaran, Vol. 3, No. 3, hal 73-82.

Iskandar, Srini M. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alarn (2nd Ed.). Bandung:CV. Maulana.

Juliartini, N. M. , N. W. Arini. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III. J o u r n a l o f E d u c a t i o n A c t i o n R e s e a r c h Volume 1 Nomor 3.

Kurniasari. Fitri. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Berbasis Realistik Terhadap Hasil Belajar SiswaJURNAL EDUTAMA Vol. 1 No. 2

Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas (4th Ed.). Jakarta: Grasindo.

Lorina, Pirade. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN No. 1 Tanjung Padang: Palu. Universitas Tadulako. Elementary School of Education E-Journal, Media Publikasi Ilmiah Prodi PGSD Vol 2, Nomor 2.

Mayong Maman.(2016). The Implementation of Cooperative Learning Model ‘Number Heads Together (NHT)’ in Im proving the Students’ Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol.5, No.2, June 2016, pp. 174~180 ISSN: 2252-8822

Nursyamsi. (2016). The Effect Of Numbered Heads Together (NHT) Learning Strategy on the Retention of Senior High School Students In Muara Badak, East Kalimantan, Indonesia. European Journal of Education Student. Volume 2, Issue 5, 2016.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Suandewi, Ni Km. I Made.Citra Wibawa. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa kelas IV SD No. 3 Kapal. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (1) pp 59-66.

Sukmayasa, I Made Hendra, I Wayan Lasmawan, Sariyasa.2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Senam Otak Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wahyuddin. 2017. Penerapan Model Pembelajaran N u m b e r e d H e a d T o g e t h e r (NHT) pada Siswa Kelas V SD Negeri 75 Ujungpero Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Suska Journal of Mathematics Education, Vol. 3, No. 1.

Yudiastuti, Gusti Ayu Kd, I Wayan Wiarta, Ketut Ardana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (Nht) Berbantuan Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Gugus 1 Dalung Kecamatan Kuta Utara. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1.

Downloads

Published

2018-11-28

How to Cite

Nova, N. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 426–435. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16161