Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • I Ketut Ngurah Diatmika Sekolah Dasar Negeri 1 Ban

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16165

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Ban di kelas IV Semester I tahun Pelajaran 2016/2017 yang hasil belajar pada mata pelajaran IPA masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kontekstual pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar. metode pengumpulan data adalah dengan tes hasil belajar. Metode analisis datanya adalah analisis kuantitatif terhadap hasil tes evaluasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata, daya serap, dan ketuntasan belajar klasikal. Nilai rata-rata hasil belajar pada refleksi awal sebesar 64,82 menjadi 70,00 pada siklus I dengan peningkatan sebesar 5,18. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,89 menjadi 75,89. Peningkatan juga terjadi pada daya serap dan ketuntasan belajar klasikal. Pada refleksi awal daya serap tercapai sebesar 64,82% selanjutnya pada siklus I meningkat menjadi 70,00%. Hal yang sama juga terjadi pada siklus II dengan daya serap mencapai 75,89%. Sedangkan  ketuntasan belajar klasikal pada refleksi awal sebesar 25% kemudian meningkat menjadi 53,57% pada siklus I dan menjadi 92,86% pada siklus II. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan hasil belajar IPA SD Negeri 1 Ban kelas IV Semester I tahun pelajaran 2016/2017

References

Agung, A.A. Gede. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP

Arikunto,Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Paragonatama Jaya.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama 2002. Pendekatan kontekstual(Contekstual Teaching and Learning). Jakarta.

Djamarah, Saiful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hatimah. 2007. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Komalasari, Komkom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Cetakan ke- 1. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurhadi dan Senduk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurkancana, 1986, Evaluasi Pendidikan, Surabaya, Usaha Nasional.

Purwanto, Ngalim,M. 1993 Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sudiarta, I Wayan. 2009. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Pada siswa Kelas VI Semester 1 SD Negeri 1 Sukadana Kecamatan Kubu Tahun Ajaran 2009/2010

Rusyan, A. Tabrani. 1993. Proses Belajar Mengajar yang Efektif Tingkat Pendidikan Dasar. Bandung. Bina Budhaya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sunaryo, 1989. Strategi Belajar Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Cet.2Malang: IKIP Malang

Tantra, Dewa Komang, 2004, Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Singaraja: Makalah Pelatihan Guru Khusus ( Pemandu) SD/MI di Kabupaten Karangasem

Sudiarta, I Wayan 2009. Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas VI Semester 1 SD Negeri 2 Sukadana Kecamatan Kubu Tahun Ajaran 2009/2010. Singaraja: Jurusan PGSD Undikhsa Singaraja.

Setyaningrum, Lies. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika. Didaktika Dwija Indria, Volume 1, Nomor 6.

Wardani, I. G. A. K Siti Julaeha. Modul IDIK 4307. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yanirawati, Silvia. 2012. Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Disertai Tugas Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.1, No.1.

Yulia Dwi Ernawati, 2014 . Peningkatan Prestasi Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) Pada Siswa Kelas Va SD Model Kabupaten Sleman.

Downloads

Published

2018-11-29

How to Cite

Diatmika, I. K. N. (2018). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 436–445. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16165