Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV

Authors

  • Intan Candra Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia.
  • Naniek Sulistya
  • Tego Prasetyo

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menghasilkan produk instrumen sikap sosial pembelajaran tematik tema 1 sub tema 1 pembelajaran 2 siswa kelas IV, (2) mengetahui visibilitas penggunaan instrumen penilaian sikap sosial pembelajaran tematik tema 1 sub tema 1 pembelajaran 2 siswa kelas IV (3) Menentukan tingkat validitas instrumen sikap sosial pada pembelajaran tematik siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dengan instrumen angket skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas instrumen penilaian sikap sosial dalam uji lapangan produk kelas kecil menunjukkan rhit >0,300 terhadap 16 siswa adalah 30 (100%) butir pernyataan valid. Uji validitas instrumen terhadap sikap dalam uji lapangan produk kelas sedang  menunjukkan rhit >0,300 terhadap 19 siswa dalah 30 (100%) butir pernyataan valid. uji validitas instrumen terhadap sikap dalam uji lapangan produk kelas besar menunjukkan rhit >0,300 terhadap 23 siswa dalah 30 (100%) butir pernyataan valid.

References

Ariantini, Ni Putu. (2014) Implementasi Pengintegrasian Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja, Bali: e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.vol. 3

Azwar, Saifuddin. (2011). Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Laurianus. (2014). Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Saintifik Di SD. Pontianak : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 3 No 12:1-13

Permendikbud (2016) Lampiran Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standart Proses. Jakarta: Mentri Pendidikan.

Qomari, Rohmad. (2015)Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif Pengembangan Instrumen Evaluasi Domain Afektif, Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan Vol. 13.

Rufaida. , Siska Difki . 2013. “Pengembangan Sikap Sosial Siswa Menggunakan Pendekatan Pakem Pada Pembelajaran Ips Kelas Vb SD Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta . 2013

Ruvina, Windarisni.2016. ”Pengelolaan Penilaian Sikap Sosial dalam Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa di Kelas II SD N Bayan No 216 Surakarta”. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 3 No 2.

Sanjiwana, Pande Putu Cahya Mega , Dkk.2015.”Analisis Sikap Sosial Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Dengan Kurikulum 2013. Mimbar Pgsd Volume: 3 No: 1 Tahun 2015

Shobirin, Ma’as. (2016). Konsep Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish

Suharyat, Yayat.(2010). Hubungan Antara Sikap, Minat, dan Perilaku Manusia. Jurnal FKIP: Region.Vol 2. No 1:4.

Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosadakarya Sutama.

Salamah, Umi. (2018) Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan, STAI Ma’had aly al-hikam Malang. vol.2 No. 1 hal (283)

Virani, Ida Ayu Dewi dkk. 2016.”Deskripsi Sikap Sosial Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng”. Jurnal Mimbar PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016

Wardani, Naniek Sulistya, dan Kawan-kawan. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.

Widoyoko, Eko Putro. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogykarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2018-11-29

How to Cite

Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 455–461. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167