Pengembangan Media Lamat (Laci Matematika) Baby Shark dengan menggunakan Problem Based Learning pada Berhitung Siswa

Authors

  • Erwanti Wahyu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), FIP. Universitas PGRI Semarang, Indonesia.
  • Rasiman Rasiman
  • Diana Endah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16169

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media laci matematika yang valid dan mengetahui keberterimaan kepraktisan dalam penggunaan media LAMAT (Laci Matematika) Baby Shark dengan Menggunakan Problem Based Learning Pada Berhitung Siswa Kelas 1 SD bagi Siswa Kelas 1 SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D) dengan langkah pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Rata-rata hasil belajar siswa SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang saat pertemuan pertama sebesar 81,53 dan pada saat pertemuan kedua sebesar 73,84. Hasil tanggapan pada analisis ahli media 97,6% sangat baik, ahli materi 91,4% sangat baik, angket keberterimaan siswa terhadap media laci matematika baby shark 97,6% sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media laci matematika baby shark efektif digunakan dalam pembelajaran matematika karena sudah mencapai hasil belajar saat pertemuan pertama sebesar 81,53 dan pada saat pertemuan kedua sebesar 73,84

References

Amelia Dwi Fitri. 2016. Penerapan Problem Based Learnin (Pbl) Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. JAMBI MEDICAL JOURNAL Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. Vol 4. No1.

Gunawan. 1997. Teori Kemampuan Berhitung Ahli dalam Jurnal. http://etheses.uin-malang.ac.id

Ibrahim, B., Erdal, S., Mustafa, S (2009). The effect of problem-based leraning instruction on university students’ perfermance of conceptual and quantitative problems in gas concepts.Eurosia Jurnal of Mathematics, Science & Technology Education, 5(2), 153-156

Marhamah Saleh. 2013. Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. VOL. XIV NO. 1, 190-220.

Nurun Nafiah,Yunin. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1.

Rizal Abdurrozak, Asep Kurnia Jayadinata, Isrok ‘atun. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1.

Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga dalam pembelajaran Matematika. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sudarman. 2007. “Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkann dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal Pendidikan Inovatif Vol.2 No.2, pp.68-73

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Suharmanto. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Papan Hitung Pembagian Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas 2. Jurnal : FIP UNY

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Triyanto. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya

Wulandari,Bekti. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 2.

Yunin Nurun Nafiah, Wardan Suyanto. 2016. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Vol 1 No 2.

Downloads

Published

2018-11-29

How to Cite

Wahyu, E., Rasiman, R., & Endah, D. (2018). Pengembangan Media Lamat (Laci Matematika) Baby Shark dengan menggunakan Problem Based Learning pada Berhitung Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 468–473. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16169