Domain Multikultur dan Problematika DIDAKTIK Guru dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Berdasarkan Kurikulum 2006

Authors

  • Ketut Sudiatmaka

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v3i2.4467

Abstract

Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terwujudnya model pendidikan multikultur sekolah dasar dan perangkat pembelajarannya yang terdiri dari: (1) model pendidikan multikultur SD, dan (2) perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik Kurikulum 2006. Target khusus penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pendidikan multikultur yang cocok untuk anak sekolah dasar, dan perangkat pembelajarannya yang memenuhi kriteria valid, praktis, efektif, dan sesuai dengan karakteristik kurikulum 2006. Pencapaian tujuan tersebut akan dilakukan dengan melakukan penelitian pengembangan tipe prototypical studies, dengan prosedur: (1) front-ended analysis (analisis hulu-hilir), (2) prototyping phase (pengembangan prototife), dan (3) assessment phase (fase penilaian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: phenomena didaktik yang dihadapi oleh guru dalam membelajarkan IPS kelas I dan II adalah terkait dengan: keterbatasan sarana dan media pembelajaran, sulitnya mengakses sumber belajar, guru sulit membelajarkan materi dalam bentuk bercerita, dan model pembelajaran guru cenderung bersifat searah dan kurang kondusif. Model pendidikan IPS berbasis multikultur dalam penelitian ini ternyata memacu siswa untuk lebih giat dalam mempelajari hal-hal yang bersifat spiritual, dan setelah dilakukan eksperimentasi terbatas, ternyata model pembelajaran IPS berpendekatan multikultur dapat meningkatkan hasil belajar IPS secara signifikan, baik pada siswa dengan sikap spiritual tinggi maupun rendah.

Downloads

Issue

Section

Articles