IDENTIFIKASI DAN ANALISIS JENIS KUASA, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN SUPERVISI AKADEMIK PARA KEPALA SEKOLAH SMAN SEBAGAI FAKTOR DETERMINAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU (Studi Tentang Persepsi para

Authors

  • I Nyoman Natajaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v1i1.4495

Abstract



Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional dan bersifat ex post
facto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (a) seberapa besar determinan dari
faktor jenis kuasa kepala sekolah terhadap kualitas kompetensi profesionalisme guru, (b)
seberapa besar determinan dari faktor gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap
kualitas kompetensi profesionalisme guru, (c) seberapa besar determinan dari faktor
pendekatan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kualitas kompetensi
profesionalisme guru, dan (d) seberapa besar determinan secara bersama-sama dari faktor
jenis kuasa, gaya kepemim-pinan, dan pendekatan supervisi akademik kepala sekolah
terhadap kualitas kompetensi profesiolisme guru SMA.N di Kabupaten Buleleng. Populasi
penelitiannya sebanyak 567 orang guru yang mengajar pada 12 SMA, dan sampelnya
ditetapkan secara proporsional random sampling sebanyak 114 atau sekitar 20 %.
Pengumpulan data dengan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya,
kemudian wawancara mendalam, dan diskusi. Analisis data deskriptif menemukan bahwa
kualitas kompetensi profesional guru dapat dikategorikan tinggi, jenis kuasa kepemimpinan
kepala sekolah dapat dikategorikan baik, gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat
dikategorikan baik, dan implementasi pendekatan supervisi kepala sekolah dapat
dikegorikan baik. Hasil uji statistik terhadap hipotesis dengan menggunakan rumus regresi
ganda menemukan bahwa terdapat determinanasi variabel jenis kuasa kepala sekolah
terhadap kualitas kompetensi profesional guru sebesar 5, 3 %, terdapat determinasi variabel
gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kualitas kompetensi profesional guru sebesar
10.7 %, terdapat determinasi pendekatan supervisi akademik kepala sekolah terhadap
kualitas kompetensi profesional guru sebesar 7, 6 %, dan terdapat determinasai secara
bersama-sama variabel jenis kuasa kepala sekolah, gaya kepemimpinan kepala sekolah,
dan pendekatan supervisi akademik kepala sekolah terhadap  kualitas kompetensi
profesionalisme para guru sebesar 14,0 %.

Downloads

Issue

Section

Articles