URGENSI PERAN AKUNTANSI DALAM RUMAH TANGGA (Studi Fenomenologis pada Dosen – Dosen Akuntansi di Universitas Widyatama Bandung)

Authors

  • Daniel T. H. Manurung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jinah.v3i1.4040

Abstract

ABSTRAK

Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia akuntansi saat ini yang sudah banyak dilakukan oleh para peneliti – peneliti lain tentang akuntansi, peneliti mencoba melakukan penelitian tentang akuntansi dalam rumah tangga. Pemikiran – pemikiran para akuntan mengenai akuntansi masih mengacu tentang setiap transaksi – transaksi dalam laporan keuangan dan masih berpirkiran tentang untung atau rugi.

Pada penelitian ini, peneliti mencoba mengungkap tentang peran penting akuntansi dalam rumah tangga serta perencanaan penganggaran dalam rumah tangga. Pada penelitian ini mencoba mengungkap peran dosen – dosen akuntansi di universitas widyatama bagaimana cara informan melakukan penerapan akuntansi rumah tangga dan mengelola keuangan mereka di dalam rumah tangga mengenai 4 (empat) hal penting yaitu: penganggaran, pencatatan, pengambilan keputusan dan perencanaan jangka panjang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perencanaan keuangan keluarga yang berorientasi untuk mengupas pengelolaan keuangan pada keluarga dosen akutansi di Universitas Widyatama. Adapun fokus pembahasan dan observasi diupayakan untuk menjawab permasalahan tentang pemahaman dosen akuntansi terhadap anggaran dalam perencanaan keuangan keluarga.

Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini memakai dasar teoritis studi fenomenologi.  Penelitian ini akan membahas perilaku manusia khususnya dalam mengelola dan merencanakan keuangan keluarganya, dimana datanya diperoleh dari keterangan dan pernyataan – pernyataan dari obyek yang diteliti yang dalam hal ini adalah dosen – dosen akuntansi di universitas widyatama dari berbagai latar belakang baik akademisi ataupun para praktisi.

Katakunci: penganggaran, pencatatan, pengambilan keputusan dan perencanaan jangka panjang.

ABSTRACT

Along with the rapid development of today's accounting world has been done by the other researchers about accounting, the researchers are trying to do research on accounting in the household. The thinking accountants regarding accounting of each transaction still refer in the financial statements and still think about profit or loss.

In this study, researchers tried to uncover the critical role of accounting in household budgeting and planning in the household. In this study tried to uncover the role of the lecturers of accounting in Widyatama University how to informants in the application of accounting households for manage their finances in the household of the four (4) important things are: budgeting, book-keeping, decision making and long-term planning.

This study aims to uncover financial planning for family-oriented strip on family financial for managed lecturer of accounting in Widyatama University. The focus of discussion and observation attempted to address the problem of understanding the budget lecturer of accounting in family financial planning.

The Qualitative methods used in this study using the theoretical basis phenomenological study. This study will explore human behavior especially in managing family finances and planning, where the data is obtained from the description and statement of the object studied in this case is a lecturers of accounting in Widyatama university from different backgrounds both academics or practitioners

 

Keywords: budgeting, book keeping, decision making and long term planning

Downloads

Published

2013-12-01