ANALISIS PENELITIAN NIAT PERILAKU DAN PERILAKU PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI BERBASIS TEKNOLOGI DI HOTEL (SEBUAH KAJIAN LITERATUR)

Authors

  • I Gede Agus Pertama Yudantara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jinah.v4i1.4600

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian kajian literatur ini adalah untuk mengetahui bagaimana penelitian tentang niat perilaku dan perilaku penggunaan sistem informasi berbasis teknologi di hotel, oleh pekerja di hotel dalam penerimaan sistem informasi berbasis teknologi. Kajian ini dilakukan melalui ulasan penelitian secara menyeluruh dan melakukan pembahasan secara deskriptif atas penelitian-penelitian sebelumnya yang melakukan penelitian tentang penerimaan sistem di hotel.

Peneliti-peneliti sebelumnya sudah menggunakan metodologi penelitian yang baik dengan menggunakan dasar teori dan langkah-langkah penelitian yang baik, sehingga hasil penelitian juga dapat memberikan bagaimana niat perilaku dan perilaku penggunaan sangat mempengaruhi kemauan dan tindakan nyata pekerja hotel dalam menggunakan sistem informasi berbasis teknologi di hotel. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konstruk-konstruk yang digunakan merupakan determinan yang dapat mengukur niat perilaku dan perilaku penggunaan pekerja di hotel dan juga menjadi determinan yang dapat mempredisikan dan menjelaskan niat perilaku dan perilaku penggunaan di hotel.

Kata Kunci : Niat Perilaku, Perilaku Penggunaan, Pekerja Hotel, Sistem Informasi Berbasis Teknologi di  Hotel.

ABSTRACT

The purpose of this literature review study was to understand how research on behavioral intentions and actual usage of information systems based on technology in the hotel, by hotel employees in receipt of it. This study was conducted through review of research thoroughly review and descriptive of previous studies. Previous researchers have used a good research methodology by using theories and measures of good research, so that research results can also provide how to use behavioral intention and actual usage greatly affect the willingness and concrete actions for hotel workers using information systems based on technology in hotel. The results also showed that the constructs used in previous research can measure behavioral intention and actual usage of workers in the hotel and also be a determinant that can predict and explain behavioral intentions and actual usage in hotel information systems use.

 



1380

Key Words: behavioral intention, actual usage, workers in the hotel, information systems based on technology

Downloads

Published

2014-12-01