Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • K. D. R. Widiartha Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi ekperimen) dengan rancangan penelitian Non-Equivalen Control Grup Design. Populasi seluruh siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur yang berjumlah 327 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling dengan melakukan pengundian. Sampel dalam penelitian ini yaitu SDN 16 Kesiman sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 37 siswa  dan SDN 12 Kesiman sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA di kumpulkan dengan metode tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung = 4,953, dan pada taraf signifikasi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 37+34-2 = 69 maka diperoleh harga ttabel = 2,000. Berdasarkan hasil tersebut, thitung = 4,953 > ttabel = 2,000. H0 di tolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen yang dibelajarkan melalui Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic berbantuan Multimedia Interaktif dengan kelompok kontrol pada kelas V SD Gugus Dewi Sartika Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol (87,30 > 73,53). Dengan demikian, Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic berbantuan Multimedia Interaktif berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.

Downloads

Published

2018-08-03

How to Cite

Widiartha, K. D. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 145–151. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396

Issue

Section

Articles