PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MODEL ADDIE PADA MATERI PASSING BOLA VOLI

Authors

  • I Gede Handika Putra .
  • Prof. Dr. I Nyoman Kanca, MS .
  • I Gede Suwiwa, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjp.v5i1.9448

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui rancangan media video pembelajaran pada materi passing bola voli di SMA PGRI 2 Denpasar. (2) untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran untuk kompetensi passing bola voli dilihat dari hasil pengujian pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pegembangan (research and development) menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahap yang ditempuh yaitu: analisis (analyze),perencanaan (design),pengembangan (development), penerapan (implementation) dan evaluasi (evaluation). Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal kemudian dilakukan beberapa tahap validasi oleh seorang ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran. Selanjutnya produk di uji coba kepada siswa melalui dua tahap, yaitu uji coba perorangan dengan 6 siswa subjek coba, dan uji coba kelompok kecil dengan sembilan siswa subjek coba. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) sebuah video pembelajaran yang telah dikembangkan berdasarkan rancang bangun yang dibuat (2) hasil penelitian menunjukkan isi mata pelajaran dengan persentase tingkat pencapaian 96% berarti, video pemblajaran ini berada pada kategori sangat baik. Kualitas media ditinjau dari aspek desain pembelajaran dengan persentase 85% berarti, video pemblajaran ini berada pada kategori baik. Kualitas media ditinjau dari aspek media pembelajaran termasuk kriteria dengan presentase 80% berarti, video pemblajaran ini berada pada kategori baik. Pada uji coba perorangan untuk kelas X IPS 1 dan X IPS 2 konveksi dengan presentase berturut-turut 90,7% dan 92,7% berarti video pemblajaran ini berada pada kategori sangat baik, untuk uji coba kelompok kecil konveksi dengan presentase 90,22% dan 88,88% berarti, video pemblajaran ini berada pada kategori sangat baik dan baik, dan uji coba lapangan konveksi dengan presentase 85,53% berarti video pemblajaran ini berada pada katagori baik.
Kata Kunci : Pengembangan, video pemblajaran, passing bola voli

This study aims to (1) to determine the design of instructional video media on the material passing volleyball in SMA PGRI 2 Denpasar. (2) to determine the feasibility of instructional videos to passing competence volleyball seen from the test results on the learner. This research is research and development using ADDIE development model. The step to be taken, namely: analyze, design, development, implementation and evaluation. After going through the initial stages of production resulting product then do some validation phase by an expert learning content, instructional design experts and expert instructional media. Further products in the test to students through two stages, namely individual testing with 6 students subject to try, and small group trial with nine students subjects try. Methods of data collection using questionnaires.Data analysis using descriptive analysis of qualitative and quantitative descriptive. The results of this study were (1) an instructional video that has been developed based on the design that was made (2) the results showed the contents of subjects with a percentage of 96% means that the level of achievement, pemblajaran video is in the very good category. Quality media from the aspect of learning design with a percentage of 85% means, pemblajaran video is in the good category. Quality media from the aspect of learning media including criteria with a percentage of 80% means, pemblajaran video is in the good category. In the individual testing for class X IPS 1 and X IPS 2 convection with percentages respectively 90.7% and 92.7% mean learning video is in the very good category, for a small group trial convection with a percentage of 90.22% and 88.88% mean, learning video is in the category of very good and well, and field trials with a percentage of 85.53% convection means learning video is in the good category.
keyword : Development, learning videos, passing volleyball

Published

2017-02-22

Issue

Section

Articles