PENARAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU MORAL

Authors

  • Yosephine Priscilia Putri Rosari .
  • Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd .
  • Didith Pramunditya Ambara, S.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan perilaku moral pada anak kelompok B di TK Kecubung Desa Patas Kecamatan Gerokgak melalui media buku cerita bergambar. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Subjek pada penelitian ini berjumlah 11 orang anak yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Variabel pada penelitian ini adalah perkembangan perilaku moral dan untuk mengumpulkan data tentang variabel tersebut digunakan metode observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan perilaku moral melalui kegiatan bercerita pada anak kelompok B TK Kecubung Desa Patas Kecamatan Gerokgak Tahun ajaran 2013/2014. Hal ini terlihat dari rata-rata persen kemampuan nilai-nilai moral pada siklus I sebesar 63,60% yang berada pada kategori rendah. Rata-rata kemampuan nilai-nilai moral pada siklus II meningkat menjadi 83,60% yang berada pada kategori tinggi, ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20,00%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita berbantuan dengan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan perilaku moral pada anak usia dini.
Kata Kunci : Kata kunci: perkembangan moral, bercerita buku cerita bergambar

This study aims to determine the increase progress of moral behavior in children in TK Kecubung Desa Patas Kecamatan Gerokgak through the picture books media . The design of this study is action research by using two cycles . Subjects in this study a total of 11 children consisting of 6 girls and 5 boys . Variable in this study is the progress of moral behavior and to collect data on the variables used observational methods using instruments observation sheet . Collected data were analyzed with descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis method . The results showed that an increase in moral behavior through storytelling activities for children TK Kecubung Desa Patas Kecamatan Gerokgak in academic year 2013/2014 . This can be seen from the average percent capability of moral values in the first cycle of 63.60 % which is at the low category . The average ability of moral values in the second cycle increased to 83.60 % which is at the high category , this indicates an increase from cycle I to cycle II of 20.00 % . It can be concluded that through storytelling aided by the picture books media can improve moral behavior in early childhood.
keyword : moral development, story telling, picture books

Published

2014-06-27

How to Cite

., Y. P. P. R., ., P. D. A. A. G. A., & ., D. P. A. S. (2014). PENARAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU MORAL . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3127

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>