PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA KELOMPOK A TK KECUBUNG PATAS

Authors

  • Ni Luh Putu Agustini Ari .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .
  • Putu Rahayu Ujianti, S.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kemampuan berbahasa pada anak kelompok A di TK Kecubung Patas dengan menerapakan metode demonstrasi. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 9 orang anak kelompok A TK Kecubung Patas Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Variabel penelitian ini adalah perkembangan kemampuan berbahasa. Untuk mengumpulkan data tentang variabel tersebut digunakan metode observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok A semester II di TK Kecubung Patas tahuan pelajaran 2013/2014. Hal ini terlihat dari rata-rata persen kemampuan berbahasa pada siklus I sebesar 62,22% yang berada pada kategori rendah. Rata-rata kemampuan berbahasa pada siklus II meningkat menjadi 80,00% yang berada pada kategori tinggi, ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,78%.
Kata Kunci : metode demonstrasi, kemampuan berbahasa.

This study aims to determine the increase in the development of language skills in children in the kindergarten group A Kecubung Patas by applying the method of demonstration. The design of this study is action research by using two cycles. The subjects were a group of 9 children Kecubung Patas Kindergarten Second Semester II Academic Year 2013/2014. The variables of this research is the development of language skills. To collect data on the variables used observational methods using instruments observation sheet. Collected data were analyzed with descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis method. The results found that the application of the method of demonstration can enhance the ability of religious values in a group of children in the second semester of kindergarten lesson Amethyst knowledge Patas 2013/2014. This is evident from the ability of the average percent of religious values in the first cycle of 62.22% which is at the low category. The average ability of religious values in the second cycle increased to 80.00% which is at the high category, this indicates an increase from cycle I to cycle II of 17.78%.
keyword : method of demonstration, the ability to speak

Published

2014-07-09

How to Cite

., N. L. P. A. A., ., P. D. N. K. S., & ., P. R. U. S. (2014). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA KELOMPOK A TK KECUBUNG PATAS . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3266

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>