PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF

Authors

  • Ni Luh Riniasih .
  • Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd .
  • Putu Rahayu Ujianti, S.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3267

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak dalam menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan setelah penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B semester II tahun pelajaran 2013/2014 di TK Kecubung Patas .Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 11 anak kelompok B TK Kecubung Patas Tahun Pelajaran 2013/2014. Data tentang hasil belajar dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media puzzle dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitif anak kelompok B TK Kecubung Patas tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rerata hasil belajar kemampuan kognitif anak pada siklus I adalah 63,60% yang berada pada kategori rendah. Rerata hasil belajar pada siklus II sebesar 82,40% dengan kriteria tinggi. Jadi terjadi peningkatan belajar sebesar 18,80%
Kata Kunci : model pembelajaran make a match, media puzzle, kemampuan kognitif

This resarch aimed to know the improvement of children’s cognitive in connecting the number concept and number symbol after the application “make a match” learning model aided by puzzle media to improve children’s cognitive in group B, in the second semester, academic year 2013/2014 of TK Kecubung Patas. The type of this research was the action-based classroom research that carried out in two steps. Each step consisted of planning, realizing, observing/evaluating and reflecting. The subject of this research was 11 children in group B, TK Kecubung Patas in academic year 2013/2014. The data about the result study in this research gathered by using obsevation method. The gathered data analyzed by using statistic descriptive and descriptive quantitative method. The result of this research showed that the application of puzzle media in learning process can increase the result study of children’s cognitive in group B, TK Kecubung Patas in academic year 2013/2014. It can be seen from the increase of result study of children’s cognitive. In step I, the result was 63,60%. It meant that it was low category. The mean of result study in step II was 82,40%. It was high category. Thus, from those results, there was the improvement 18,80%
keyword : Make a match learning model, puzzle media, cognitif skill

Published

2014-07-09

How to Cite

., N. L. R., ., P. D. A. A. G. A., & ., P. R. U. S. (2014). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3267

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>