PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING BERBASIS TEORI LOKOMOSI TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK

Authors

  • Dewa Ayu Ketut Gayatri Suciati .
  • Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS .
  • Putu Rahayu Ujianti, S.Psi. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7791

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan motorik halus antara anak yang mengikuti pembelajaran dengan melalui kegiatan finger painting berbasis teori lokomosi dan kelompok anak yang tidak diberikan kegitan finger painting berbasis teori lokomosi anak kelompok B pada tahun pelajaran 2015/2016 di TK Widya Kumarasthana Banyuning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan post-tes only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK Widya Kumarasthana Banyuning yang berjumlah 32 anak. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah rubrik.. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif. Uji hipotesis menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis uji-t terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan motorik halus antara kelompok anak yang diberikan kegiatan finger painting berbasis teori lokomosi dengan kelompok anak yang tidak diberikan kegiatan finger painting berbasis teori lokomosi. Dimana thit > ttabel (20. 69>2.042). dengan demikian berarti kegiatan finger painting berbasis teori lokomosi berpengaruh positif terhadap keterampilan motorik halus anak.
Kata Kunci : finger painting, teori lokomosi, keterampilan motorik halus

This study aims to find a significant difference between the fine motor skills of children who attend learning through finger painting activity-based theory of locomotion and the group of children who were not given the activity-based theory of locomotion finger painting children in group B in the academic year 2015/2016 in kindergarten Widya Kumarasthana Banyuning , This study is a quasi-experimental research design using post-test only control group design. The study population was all children in kindergarten group B Widya Kumarasthana Banyuning totaling 32 children. Samples were taken using total sampling technique. Research instrument used to collect data was rubric. Data were analyzed using descriptive statistics. Hypothesis testing using t-test analysis. Based on the results of data analysis using t-test analysis there are significant differences between the groups of fine motor skills of children given finger painting activity-based theory of locomotion with groups of children who are not given the finger painting activity-based theory of locomotion. Where thit> ttabel (20. 69> 2,042). thus meaning finger painting activity-based theory of locomotion positive effect on fine motor skills of children
keyword : finger painting, the theory of locomotion, fine motor skills

Published

2016-07-22

How to Cite

., D. A. K. G. S., ., P. D. N. K. S., & ., P. R. U. S. (2016). PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING BERBASIS TEORI LOKOMOSI TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK . Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7791

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>