Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Memerankan Tokoh dalam PementasanDrama Siswa Kelas XI IPB SMA Saraswati Singaraja

Authors

  • Ayu Rika Andriani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1155

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing)

untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Memerankan Tokoh dalam PementasanDrama Siswa Kelas XI IPB

SMA Saraswati Singaraja

Oleh

Ni Putu Ayu Rika Andriani, NIM 0912011029

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran yang efektif dengan menerapkan model pembelajaran bermain peran, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa memerankan tokoh pada pementasan drama dengan menerapkan model pembelajaran bermain peran, dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran bermain peran.

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPB yang berjumlah 38 orang dan guru yang mengajar di kelas tersebut. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah penerapan model pembelajaran bermain peran, peningkatan hasil, dan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran bermain peran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuesioner.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada beberapa langkah model pembelajaran bermain peran yang harus ditempuh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa memerankan tokoh drama, (2) penerapan model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan kemampuan siswa memerankan tokoh drama, dan (3) siswa memberikan respons positif terkait penerapan model pembelajaran bermain peran.

Kata kunci : Model pembelajaran bermain peran (role playing), tokoh dan pementasan drama.

Downloads

Published

2013-07-25

Issue

Section

Articles