PEMBELAJARAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XI IA3 SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Gede Sidi Artajaya

Abstract


PEMBELAJARAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN

PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XI IA3

SMA NEGERI 3 SINGARAJA

 

oleh

Gede Sidi Artajaya, NIM 0912011019

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Bahasa dan Seni

 

ABSTRAK

 

Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran drama dengan menggunakan pendekatan kontekstual  pada siswa kelas XI IA3 SMA Negeri 3 Singaraja, (2) pelaksanaan pembelajaran drama berdasarkan pendekatan kontekstual pada siswa kelas XI IA3 SMA Negeri 3 Singaraja, dan (3) kendala-kendala yang ditemukan guru ketika menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran drama  pada siswa kelas XI IA3 SMA Negeri 3 Singaraja.

Subjeknya adalah guru kelas XI IA3 di SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 1 orang dan siswa kelas XI IA3 yang berjumlah 25 orang, sedangkan objeknya adalah pembelajaran drama berdasarkan pendekatan kontekstual pada siswa kelas XI IA3 SMAN 3 Singaraja. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara, menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran drama dengan perangkat pembelajaran yang dibuat guru sudah menggunakan pendekatan kontekstual yang dibuktikan dengan komponen-komponen RPP yang sesuai dengan kehidupan yang dekat dengan lingkungan siswa, (2) pembelajaran drama berdasarkan pendekatan kontekstual pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja lebih ditekankan pada praktik daripada teori, dan (3) kendala guru dalam melakukan pembelajaran drama antara lain, guru kesulitan dalam memilih materi drama dan alokasi waktu, siswa kurang memiliki rasa percaya diri, serta kurangnya sarana dan prasarana sekolah dalam mendukung pembelajaran drama.

Hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa siswa mampu memerankan tokoh dalam naskah yang dibuatnya sendiri. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan siswa mampu berkreasi sesuai dengan karakteristik tokoh karena materi yang dekat dengan lingkungan siswa. Disarankan kepada guru Bahasa Indonesia agar mempertahankan bahkan ditingkatkan lagi cara mengajar terkait dengan pembelajaran drama dengan menggunakan pendekatan kontekstual.

 

Kata kunci: pembelajaran drama, pendekatan kontekstual


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.