Penggunaan Media Drama Komedi Opera Van Java untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 1 Sukasada

Authors

  • Luh Nopianti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i6.992

Abstract

Penggunaan Media Drama Komedi Opera Van Java

untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama

Siswa Kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 1 Sukasada

oleh

Ni Luh Nopianti

NIM 0912011038

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 1 Sukasada, (2) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran yang efektif dengan menggunakan media drama komedi OVJ yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penulisan naskah, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan media drama komedi OVJ.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa 1 dan guru yang mengajar di kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 1 Sukasada pada semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil, langkah-langkah, dan respons siswa terhadap penggunaan video drama komedi OVJ. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket atau kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media drama komedi OVJ dapat (1) meningkatkan hasil belajar menulis naskah drama siswa, ditandai dengan perolehan skor rata-rata menulis naskah drama siswa 69,70 pada siklus I dan meningkat menjadi 77,15 pada siklus II, (2) menumbuhkan respons positif siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama, dan (3) ada beberapa langkah yang dapat ditempuh guru untuk meningkatlkan kemampuan siswa dalam menulis naskah drama.

Kata kunci : media drama komedi OVJ, menulis, naskah drama

Downloads

Published

2013-06-30

Issue

Section

Articles