PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBASIS MASALAH SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDGUGUS 8 GIANYAR

Authors

  • Ni Km. Ayu Martini, I Gd. Meter, I Md. Suara

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1328

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum berbasis masalah sosial terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Gugus 8 Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Gugus 8 Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknikPurposive Sampling. Data yang dikumpulkan adalah nilai hasil belajar dalam pembelajaran PKn berupa tes pilihan ganda.Analisis data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum berbasis masalah sosial dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 4,801 > ttabel = 2,000). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum berbasis masalah sosial terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Gugus 8 Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2012/2013.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Quantum,Masalah Sosial,Hasil Belajar PKn

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Md. Suara, N. K. A. M. I. G. M. (2013). PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBASIS MASALAH SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDGUGUS 8 GIANYAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1328

Issue

Section

Articles