PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NO 3 BENOA BADUNG

Authors

  • Ni Made Ari Budi Artini .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .
  • Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1861

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media PowerPoint dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional siswa kelas V Sekolah Dasar No 3 Benoa Badung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD No 1 Tuban tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah nilai hasil belajar PKn di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda satu jawaban benar (post test). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar PKn kelompok eksperimen adalah 83,86 dan rata-rata hasil belajar PKn kelompok kontrol adalah 75,64. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung 10,84 > ttabel = 2,000). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V Sekolah Dasar No 3 Benoa Badung.
Kata Kunci : model Value Clarification Technique (VCT),power point, hasil belajar Pkn

The objective of this study is to determine the significant differences between students’ learning outcomes of Pkn which used Value Clarification Technique (VCT) which assist by Power Point Media with the students who use the conventional teaching of the fifth grade students of SD No 3 Benoa Badung. This study is a quasy experiment with the design of the study is a non-Equivalent control group design. The population of this study is conducted to the fifth grade students of SD No 3 Benoa in academic year 2013/2014. Samples were taken with a random sampling technique. The data collected is the value of the PKn studies in the experimental class and the control class collected using a multiple-choice test with one correct answer (post test). The research shows did it the result of study PKn eksperiment group is 83,86 and the mean result of study PKn is 75,64. Data was analyzed by t-test. The result showed there were significant differences in learning outcomes of students who learned PKN with using Value Clarification Technique (VCT) which assist by Power Point Media with students who learned with using Conventional Learning (thitung 10,84 > ttabel = 2,000). Thus, we can conclude that Value Clarification Technique (VCT) model significantly influence the results of Pkn studies of the fifth grade students of SD No 3 Benoa Badung.
keyword : Value Clarification Technique (VCT) model, Power Point, the result of study Pkn.

Published

2013-12-24

How to Cite

., N. M. A. B. A., ., D. I. M. S. M., & ., D. I. K. N. W. M. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NO 3 BENOA BADUNG . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1861

Issue

Section

Articles