PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Ida Bagus Ngurah Manuaba .
  • Dra. Nyoman Kusmariyatni,S.Pd .
  • I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode talking stick berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangasem Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 1 Karangasem tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 71 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas V yaitu kelas VA dengan jumlah 35 siswa dan kelas VB dengan jumlah 36 siswa. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA. Bentuk tes hasil belajar IPA yang digunakan adalah esai. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sebagai tindak lanjut dari statistik inferensial digunakan uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode talking stick dengan mean (M) = 48,18 termasuk dalam kategori tinggi, (2) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan mean (M) = 38,67 termasuk dalam kategori sedang, (3) terdapat perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelompok siswa yang belajar mengikuti pembelajaran dengan metode talking stick berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang belajar mengikuti pembelajaran konvensional (thitung = 6,99 > ttabel = 2,000). Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode talking stick berbantuan media audio visual dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi konvensional pada siswa kelas VA dan VB SD Negeri 1 Karangasem.
Kata Kunci : talking stick, audio visual, hasil belajar

This study was aimed to determine the science learn result differences between groups of students who learned with the talking stick method plus audio-visual media and groups of students who learned used conventional learning in the fifth grade students of SD Negeri 1 Karangasem Academic Year 2013/2014. This research was a quasi experimental study using a post - test only control group design . The population of this study was the all of the students that was 71 students in the fifth grade of SD N 1 Karangasem academic year 2013/2014. The samples of the study were the students of class V, 35 students on class VA and 36 students on class VB . The collected data was the result of the science learning . The form of the science achievement test used was in the essay form. The data that were analyzed was using descriptive statistics and inferential statistics . As a follow up of the inferential statistical, t- test was used to test the differences of student learning outcomes . The study results showed that ( 1 ) the students learning outcomes who take lessons with a talking stick method have mean ( M ) = 48.18 in the high category , ( 2 ) the students leartning outcome who take conventional learning have mean ( M ) = 38.67 included in the category of medium , ( 3 ) there were significants differences in students learning outcomes between groups of students who were learnt using talking stick method plus audio-visual media and a group of students who learnt using the conventional learning method ( t value = 6.99 > t table = 2.000 ) . There was a significant effect of learning outcomes between students who take the talking stick method of learning plus audio-visual media and students who take lessons with conventional strategies in class VA and VB on SD Negeri 1 Karangasem.
keyword : talking stick, audio visual, conventional learning

Published

2014-02-17

How to Cite

., I. B. N. M., ., D. N. K., & ., I. M. C. W. S. M. (2014). PENGARUH METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2234

Issue

Section

Articles