PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SKRIP KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS IV KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Luh Putu Riyanti Yulia Dewi .
  • Drs. Gede Raga, M.Si .
  • I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran skrip kooperatif dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus IV Kabupaten buleleng tahun pelajaran 2013/2014sebanyak 6 kelas. Sampel diambil dengan cara random sampling sebanyak 2 kelas, diperoleh siswa kelas IV di SD Negeri 1 Penglatan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV di SD Negeri 3 Penglatan sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA, bentuk tes hasil belajar IPA yang digunakan adalah pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t yang berguna untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran skrip kooperatif dan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh (thitung = 28,41>ttabel = 2,000). Berdasarkan temuan di atas, disimpulkan bahwa strategi pembelajaran skrip kooperatif berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD di Gugus IV Kabupaten buleleng.
Kata Kunci : strategi pembelajaran skrip kooperatif, hasil belajar.

The purpose of this study is to know different result of science among the students who get educational strategy of cooperative script and students who are tought by using conventional method.This study quasi – experimental by using post-test only control group design. The population of this study was all of the fourth grade students of Elementary School at Gugus IV, Buleleng District in academic year of 2013/2014 as much as six classes. Sampling technique used in this study was random sampling using two classes, the fourth grade students of SD Negeri 1 Penglatan as experimental group and the fourth grade students of SD Negeri 3 Penglatan as control group. In this study, the result of science data were collected by test in the form of multiple choices. The data were analyzed by using descriptive statistics analysis and inferential statistics. Hypothesis test in testing the differences of result study of the students was using t-test. The result of this study showed that there were differences of study result of the students between the students who get educational strategy of cooperative script and those who get conventional teaching. It was showed by (tcount = 28,41> ttable = 2,000). Hence, based on the result, educational strategy of cooperative script on science learning achievement, and educational strategy of cooperative script is better than the conventional learning strategy.
keyword : educational strategy of cooperative script, study result

Published

2014-02-19

How to Cite

., L. P. R. Y. D., ., D. G. R. M., & ., I. M. C. W. S. M. (2014). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SKRIP KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS IV KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2262

Issue

Section

Articles