PENGARUH MODEL ACCRODION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA DI KELAS V

Authors

  • Ni Kadek Surtiani .
  • Drs. Ketut Pudjawan,M.Pd .
  • Drs. I Wayan Romi Sudhita,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2536

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan menulis karangan antara kelas yang belajar dengan model pembelajaran Accordion dengan model pembelajaran konvensional siswa kelas V SD di Desa Sangsit tahun pelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Post Test Only with Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Desa Sangsit tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah 143 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan tehnik random sampling dan diperoleh kelas V SD No 8 Sangsit sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD No 4 Sangsit sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis karanga yang dikumpulkan dengan instrumen lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji–t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan antara kelas yang belajar dengan model pembelajaran Accordion dan model pembelajaran Konvensional (thitung = 18,73; ttabel = 2,002) di mana rata-rata skor keterampilan menulis karangan 17,69 kelas yang belajar dengan model pembelajaran Accordion yang berada pada kategori tinggi, sedangkan kelas yang belajar dengan model pembelajaran Konvensional adalah 13.7 yang berada pada kategori rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan yang dicapai oleh kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Accordion lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Konvensional.
Kata Kunci : karangan model Accordion, keterampilan menulis.

This study aimed to analyze the differences between class essay writing skills are learned with Accordion learning model with the conventional model of learning in the fifth grade students of elementary Sangsit village school year 2013/2014. This research is a quasi-experimental research design with Post Test Only with Non-Equivalent Control Group Design. The study population was all students in the fifth grade elementary school in the village Sangsit academic year 2013/2014 the number of 143 people. The research sample was taken with a random sampling technique and derived class V SD No. 8 Sangsit as the experimental group and class V SD No. 4 Sangsit as a control group. The data collected were collected Karanga writing skills with the instrument observation sheet. Data were analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistics (t-test). The results showed that there are differences between the essay writing skills learned in class learning model and learning model Conventional Accordion (of thitung= 18.73; ttabel = 2.002) where the average score of 17.69 essay writing skills of classroom learning with the learning model Accordion which are in the high category, while classroom learning with conventional learning model is 13.7 which is in the low category. The results of this study indicate that the essay writing skills achieved by the class that follows the model of learning with learning Accordion higher than the class that follows the model of learning with conventional learning.
keyword : model Accordion, essay writing skills.

Published

2014-03-03

How to Cite

., N. K. S. ., ., D. K. P., & ., D. I. W. R. S. (2014). PENGARUH MODEL ACCRODION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SISWA DI KELAS V . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2536

Issue

Section

Articles