PENGARUH METODE PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS II SANTALIA KECAMATAN KUBUTAMBAHAN

Authors

  • Putu Edi Sastrawan .
  • Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. .
  • Drs. Gede Raga, M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2552

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dan perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan metode poe dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Tahun Pelajaran 2013/2014 di Gugus II Santalia Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment). Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas IV SDN yang ada di gugus II Santalia, Kecamatan Kubutambahan, dengan jumlah siswa 179 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 2 Kubutambahan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD Negeri 7 Kubutambahan sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Data prestasi belajar IPS siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes Obyektif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik infrensial (uji-t). Berdasarkan analisis data, kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Poe memiliki skor rata-rata 31,80, sedangkan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional memiliki skor rata-rata 27,53. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, diperoleh Dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan metode Poe dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Tahun Pelajaran 2013/2014 Di Gugus II Santalia Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng.
Kata Kunci : predict observe exsplain, prestasi belajar

This research aimed on knowing significant difference between students who taught with POE methode to students who taught with conventional technique in learning IPS education achievement of grade five SD on academic years 2013/2014 in Gugus II Santalia Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. It is quasi experiment research with 179 population from all year five students. Sample of research from year five in SD Negeri 2 Kubutambahan as experiment class and year five students from SD Negeri 7 Kubutambahan as controlled class. Sample of research was selected randomly. Data was gathered by using essay test. Data was analyzed by using statistic descriptive and inferential statistic analysis. Based on data analysis, those who taught using poe methode achieved 31,80 score average. Meanwhile those who taught by using convensional technique achieved 27,53. Based on uji-t counting shown that In counclusion, there is significant diference between group of student who taught technique in their IPS learning achievement of grade five SD on academic 2013/2014 in Gugus II Santalia Kecamatan Kubutambahan.
keyword : predict observe exsplain, learning achievement.

Published

2014-03-03

How to Cite

., P. E. S. ., ., D. I. M. T. S. M., & ., D. G. R. M. (2014). PENGARUH METODE PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD DI GUGUS II SANTALIA KECAMATAN KUBUTAMBAHAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2552

Issue

Section

Articles