PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Ni Ketut Sudiarti .
  • Drs. Ignatius I Wayan Suwatra,M.Pd .
  • Dra. Nyoman Kusmariyatni,S.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5652

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran PQ4R berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di Gugus II Kecamatan Buleleng. Sampel ditentukan melalui teknik random sampling, tetapi yang dirandom adalah kelas. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh Sd No. 1 Penarukan sebagai kelas eksperimen dan SD No. 3 Penarukan sebagai kelas kontrol. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran PQ4R berbantuan peta konsep dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, dengan thitung lebih besar dari ttabel (thitung = 2,65 > ttabel = 2,00). Rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 20,18 dan rata-rata skor kelompok kontrol adalah 17,4. Dengan demikian, strategi pembelajaran PQ4R berbantuan peta konsep berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di gugus II Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng pada tahun pelajaran 20114/2015.
Kata Kunci : PQ4R, peta konsep, hasil belajar, IPA

This study aims to find out the significant effect of students’ achievement in science lesson between group of students who teach by using the learning strategy PQ4R by concept mapping approach and group of students who teach by using conventional approach. This study is quasi experiment which uses post-test only control group design. The population of this study is allstudents in 4 th Grade of Cluster II Subdistrict Buleleng. The sample of this study is chose by using random sampling. Dealing with the sampling technique, SD No. 1 Penarukan as experiment group and SD No. 3 Penarukan as control group. The data which are analyzed in this study are the result of students’ achievement in science lesson in cognitive scope which is collected through objective multiple choice test. The data are analyzed by using descriptive and inferential statistic (Null-Hypothesis). The result of the study shows that there is a significant effect in students’ achievement in science lesson between group of students who teach by learned with the learning strategy PQ4R by concept mapping approach and group of students who teach by using conventional approach. The result can be seen from the result of hypothesis test using Null-Hypothesis that thitung more than ttable (thitung = 2,65 > ttable = 2.00). The average score of experiment group is 20,18 and the average score of control group is 17,4 . It means that the learning strategy PQ4R by concept mapping approach has an effect of students’ achievement in science lesson in the 4th Grade of Cluster II , Subdistrict of Buleleng , Buleleng Regency, in The Academic Year 2014/2015.
keyword : PQ4R, concept mapping, result study, science,

Published

2015-07-30

How to Cite

., N. K. S., ., D. I. I. W. S., & ., D. N. K. (2015). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5652

Issue

Section

Articles