PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PKn TERHADAP SIKAP SPIRITUAL DENGAN KOVARIABEL INTENSITAS POLA ASUH

Authors

  • B.Lanang Darma Wigunanta .
  • Prof. Dr. Nyoman Dantes .
  • Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5814

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan yang signifikan sikap spiritual antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional. (2) mengetahui perbedaan yang signifikan sikap spiritual antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional, setelah kovariabel intensitas hubungan dalam pola asuh keluarga dikendalikan. (3) mengetahui kontribusi intensitas hubungan dalam pola asuh keluarga terhadap sikap spiritual pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah kelas V di SD Gugus III Kecamatan Jembrana tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 128 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SDN 1 Dauhwaru yang berjumlah 13 orang dan kelas V SDN 5 Dauhwaru yang berjumlah 10 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, terdiri dari data sikap spiritual siswa dan intensitas hubungan dalam pola asuh keluarga. Data sikap spiritual siswa dan intensitas hubungan dalam pola asuh keluarga dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kovarians. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap spiritual antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional. (2) terdapat perbedaan yang signifikan sikap spiritual antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konvensional, setelah kovariabel intensitas hubungan dalam pola asuh keluarga dikendalikan. (3) terdapat kontribusi intensitas hubungan dalam pola asuh keluarga terhadap sikap spiritual sebesar 43,37%.
Kata Kunci : Pendekatan saintifik, sikap spiritual, pola asuh.

This study aimed to (1) find out the difference of spiritual attitude between student who had learnt using the scientific approach and the student who had learnt using the conventional approach (2) find out the difference of spiritual attitude between student who had learnt using the scientific approach and the student who had learnt using the conventional approach. after the intensity of the relationship in family upbringing covariates was controlled. (3) find out a significant contribution the intensity of the relationship in family upbringing for the spiritual attitude. This research is a quasi experimental research. The study population was 174 students of fourth grade students of Gugus III Kecamatan Jembrana. the sample of this research was 13 students of the fourth grade students in SDN 1 Dauhwaru and 10 students of the fourth grade students in SDN 5 Dauhwaru. The data were analyzed using Anacova. The result showed that: (1) there are differences in spiritual attitude between students who took lessons with a scientific approach and student who take conventional approach. (2) there are differences in spiritual attitude between students who took lessons with a scientific approach and student who take conventional approach, after the intensity of the relationship in family upbringing covariates was controlled. (3) the is a significant contribution of the intensity of the relationship in family upbringing for the spiritual attitude.
keyword : scientific approach, spiritual attitude, intensity of parenting in family

Published

2015-08-03

How to Cite

., B. D. W., ., P. D. N. D., & ., D. I. M. T. S. M. (2015). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PKn TERHADAP SIKAP SPIRITUAL DENGAN KOVARIABEL INTENSITAS POLA ASUH. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5814

Issue

Section

Articles