ANALISIS ISI DHARMA WACANA AGAMA HINDU MELALUI BALI TV DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Kasus Pedharma Wacana Ida Pandita Mpu Jaya Acaryananda)

Authors

  • NI PUTU RIKHA WAHYUNI

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v2i1.1024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengapa Bali TV mengembangkan program siaran Dharma Wacana sebagai media Pendidikan Karakter, (2) Komponen – komponen Pendidikan Karakter apa saja yang terdapat dalam Dharma Wacana yang disampaikan oleh Ida Pandita Mpu Jaya Acaryananda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskritif Kualitatif dengan langkah – langkah yaitu, (1)Teknik Penentuan Informan, (2) Teknik Pengumpulan Data (Teknik Studi Dokumentasi, Observasi, Teknik Wawancara), (3) Teknik Analisi Isi, (4)Teknik Analisis Data, (5)Teknik Pengolahan Data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, ada dua alasan Bali TV mengembangkan program siaran Dharma Wacana dilihat dari : (a) Dilihat dari bidang budaya, Bali TV mampu memberikan penerangan atau pencerahan pada masyarakat Bali dan tetap mengajegkan budaya Bali, (b) Dilihat dari bidang pendidikan, Bali TV mampu menjadi media pembelajaran yang mencerahkan dan menanamkan pendidikan karakter pada pemirsanya. Komponen pendidikan karakter yang terdapat dalam setiap siaran Dharma Wacana yang disampaikan oleh Ida Pandita Mpu Jaya Acaryananda yaitu : (a) Tanggung jawab, (b) Ketulusan, (c) Tekun, (d) Integritas. Komponen – komponen yang terkandung dalam Dharma Wacana inilah yang akan membentuk karakter moral seseorang individu.

Downloads

Published

2014-04-12

How to Cite

RIKHA WAHYUNI, N. P. (2014). ANALISIS ISI DHARMA WACANA AGAMA HINDU MELALUI BALI TV DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Kasus Pedharma Wacana Ida Pandita Mpu Jaya Acaryananda). Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjps.v2i1.1024

Issue

Section

Articles