CANDI TEBING JEHEM DI DESA JEHEM, TEMBUKU, BANGLI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP

Authors

  • I Wyn Krisnayana R d .
  • Prof. Dr. Nengah Bawa Atmadja, M.A. .
  • Dr. Luh Putu Sendratari, M.Hum. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjps.v8i1.13382

Abstract

CANDI TEBING JEHEM DI DESA JEHEM, TEMBUKU, BANGLI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP Oleh I Wayan Krisnayana Rana Damana*, Prof. Dr. Nengah Bawa Atmaja, M.A**, Dr. Luh Putu Sendratari, M.Hum***. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha, e-mail: krisnayanard@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penemuan dan penafsiran sejarah Candi Tebing Jehem di Desa Jehem, Tembuku, Bangli, (2) mengetahui struktur dan fungsi Candi Tebing Jehem di Desa Jehem, Tembuku, Bangli, (3) mengetahui potensi apa sajakah yang terdapat di Candi Tebing Jehem yang dapat dijadikan sumber belajar IPS di SMP. Dalam penelitian ini, dapat dikumpulkan dengan menggunakan metode kualitatif dengan tahap-tahap: (1) penentuan lokasi penelitian, (2) teknik penentuan informan, (3) teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, studi dokumen), (3) teknik validitas data (trianggulasi data, trianggulasi metode), (4) teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberadaan Candi Tebing Jehem baru diketahui masyarakat setelah terjadi tanah longsor tahun 1987. Pada waktu itu Candi Tebing Jehem ditemukan oleh para penambang pasir yang sedang mencari pasir di Sungai Melangit. Pada saat ditemukan posisi Candi Tebing Jehem tidak lagi di tebing, melainkan terlepas dari tebing yang diakibatkan oleh tanah longsor. Jika dilihat dari arsitektur yang digunakan, Candi Tebing Jehem kemungkinan didirikan atau dibangun pada abad ke-11 masehi pada periode Bali Kuno. Fungsi Candi Tebing Jehem dapat dibagi menjadi empat, (1) fungsi religious, (2) fungsi sosial, (3) fungsi pendidikan, (4) fungsi rekreasi. Adapun potensi yang terdapat di Candi Tebing Jehem yang dapat dijadikan sumber belajar yaitu peninggalan bersejarah Candi Tebing Jehem dan disekitar kawasan Candi Tebing Jehem.
Kata Kunci : Candi Tebing Jehem, sumber belajar, IPS (ilmu pengetahuan sosial).

This study aims to (1) find out the discovery and interpretation of the history of the Tebing Jehem Temple in Jehem Village, Tembuku, Bangli, (2) to know the structure and function of the Tebing Jehem Temple in Jehem Village, Tembuku, Bangli, (3) to know what potentials are there in the Tebing Temple Jehem which can be used as the source of IPS study in junior high school. In this research, it can be collected using qualitative method with stages: (1) determination of research location, (2) informant determination technique, (3) data collection technique (observation, interview, document study), (3) data validity technique (data triangulation, method triangulation), (4) data analysis techniques. The result of the research shows that the existence of Tebing Jehem Temple is only known to the public after the landslide in 1987. At that time, the Candi Tebing Jehem was found by sand miners who were looking for sand on the River Melangit. At the time found the position of Tebing Temple Jehem is no longer on the cliff, but apart from the cliff caused by landslides. When viewed from the architecture used, the Cliff Temple of Jehem may be erected or built in the 11th century AD in the period of Ancient Bali. Tebing Jehem Temple functions can be divided into four, (1) religious function, (2) social function, (3) education function, (4) recreation function. The potential contained in the Tebing Temple Jehem which can be used as a source of learning is the historic relics of the Temple of Jehem Cliff and around the area of Tebing Jehem Temple.
keyword : Tebing Jehem Temple, learning resource, IPS (social sciences).

Published

2020-04-12

How to Cite

., I. W. K. R. d, ., P. D. N. B. A. M., & ., D. L. P. S. M. (2020). CANDI TEBING JEHEM DI DESA JEHEM, TEMBUKU, BANGLI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(1). https://doi.org/10.23887/jjps.v8i1.13382

Issue

Section

Articles