AN ANALYSIS OF ENGLISH TEXTBOOK USED FOR GRADE SEVEN OF SMP NEGERI 1 BANJAR USING NATIONAL EDUCATION STANDARD BOARD'S FRAMEWORK IN ACADEMIC YEAR 2016/2017

Authors

  • Ni Luh Putu Mahachintya Supraptyanti .
  • Dra. Luh Putu Artini, MA., Ph.D. .
  • Luh Diah Surya Adnyani, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v5i2.12234

Abstract

Penelitian analisis deskriptif ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan apakah buku teks “Bahasa Inggris When English Rings a Bell” memenuhi aspek kelayakan isi yang direkomendasikan oleh BSNP, 2) mendeskripsikan apakah buku teks “Bahasa Inggris When English Rings a Bell” memenuhi aspek kelayakan bahasa yang direkomendasikan oleh BSNP, 3) mendeskripsikan apakah buku teks “Bahasa Inggris When English Rings a Bell” memenuhi aspek kelayakan penyajian yang direkomendasikan oleh BSNP. Buku teks dipersiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu langkah implementasi Kurikulum 2013. Teori analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori direkomendasikan oleh BSNP. Teori ini terdiri dari analisis aspek kelayakan isi, aspek kelayakan bahasa, dan aspek kelayakan penyajian. Daftar cocok yang direkomendasikan oleh BSNP digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Hasil penelitiann menunjukkan bahwa 1) aspek kelayakan isi buku dikategorikan mempunyai kualitas yang tinggi. Akan tetapi, masih ada kekurangan dalam hal a) kelengkapan dari teks interpersonal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari siswa dalam tiap unit buku, b) kelengkapan dari teks fungsional di setiap unit dalam buku, c) pemaparan, dan d) penyimpanan. 2) aspek kelayakan bahasa buku teks dikategorikan mempunyai kualitas yang rendah karena bahasa dan pesan yang terdapat dalam buku tidak relevan dengan siswa dalam hal level sosial emosional remaja mereka dan penjelasan yang terdapat dalam buku seharusnya jelas dan mudah dimengerti. 3) aspek kelayakan penyajian buku dikategorikan mempunyai kualitas yang tinggi. Akan tetapi, buku teks hanya memiliki kelemahan dalam hal a) penyajian materi dalam pembelajaran mandiri mereka b) pembukaan, dan c) daftar kata.
Kata Kunci : Analisis buku teks, Aspek kelayakan bahasa, Aspek kelayakan isi, Aspek kelayakan penyajian, Teori Badan Standar Nasional Pendidikan

This descriptive analysis study aimed at 1) describing whether the textbook entitled “Bahasa Inggris When English Rings a Bell” meets the content aspect suggested by National Education Standard Board, 2) describing whether the textbook entitled “Bahasa Inggris When English Rings a Bell” meets the the language aspect suggested by National Education Standard Board, 3) describing whether the textbook entitled “Bahasa Inggris When English Rings a Bell” meets the presentation aspect suggested by National Education Standard Board. The textbook prepared from Ministry of Education and Culture as one step implementation of Kurikulum 2013. The analysis framework used in this study was proposed by National Education Standard Board. The framework consists of the analysis of content aspect, language aspect, and presentation aspect of the textbook. Checklist purposed by National Education Standard Board were used as the instruments. The result of analysis showed that 1) the content aspect of the textbook were categorized as very high quality. However, there is still lacking in term of a) the completeness of interpersonal texts related to learners’ daily life in each unit of the textbook b) the completeness of functional texts in each unit of the textbook c) exposure, and d) retention. 2) the language aspect of the textbook were categorized as low quality because the language and message are not relevant to the students in terms of their teenagers’ socio-emotional state and the explanation which should be clear and easily-understood. 3) the presentation aspect of the textbook were categorized as high quality. However, the textbook only has weaknesses in terms of a) the presentation of material on their self-learning b) introduction, and c) glossary.
keyword : Content aspect, Language aspect, National Education Standard Board’s framework, Presentation aspect, Textbook analysis

Published

2017-10-26

Issue

Section

Articles