THE USE OF SCRIPTED SONGS AS AN INNOVATIVE STRATEGY FOR TEACHING STUDENTS’ ENGLISH COMPETENCE: AN EXPERIMENTAL STUDY ON THE FOURTH GRADE STUDENTS AT PRIMARY SCHOOL IN SUB-DISTRICT TEGALLALANG, GIANYAR - BALI

Authors

  • Ni Wayan Karmini .
  • Dra.Ni Made Ratminingsih, MA .
  • Dra. Luh Putu Artini, MA., Ph.D. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbi.v1i1.3493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah ada atau tidaknya perbedaan yang terjadi pada kompetensi bahasa Inggris siswa-siswa yang diajarkan dengan pengajaran naskah lagu-lagu dan pengajaran konvensional. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa-siswa kelas 4 SD di Sub-Kecamatan Tegallalang, Gianyar - Bali. Penelitian ini menggunakan desain post test only control group design. Dengan menggunakan random sampling dipilih dua sekolah sebagai sampel penelitian yaitu SD N 1 Kedisan dan SD N 2 Kedisan. Kemudian, dengan menggunakan teknik lotre ditentukan bahwa SD N 1 Kedisan sebagai kelompok eksperimen yang diajarkan dengan pengajaran naskah lagu dan SD N 2 Kedisan sebagai kelompok control yang diajarkan dengan pengajaran konvensional. Data yang diperoleh yaitu dari hasil post test yang kemudian di analisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analysis menunjukan bahwa kelompok eksperimen mencapai nilai yang lebih baik dalam kompetensi bahasa Inggris daripada kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh oleh kelompok ekperimen adalah 86 sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh oleh kelompok konvensional adalah 66. Selain itu, hasil dari statistik inferensial diperoleh nilai t observed (tobs) adalah 12.97 lebih besar dari nilai t critical value t (tcv) yang menunjukkan 1.99 pada level 0.05. Hasil nilai statistik inferensial membuktikan bahwa ada perbedaan yang sangat jelas terjadi pada kompetensi bahasa Inggris siswa-siswa yang diajarkan dengan menggunakan pengajaran naskah lagu-lagu dan pengajaran konvensional. Sehingga null hipotesis (Ho) pada penelitian ini ditolak.
Kata Kunci : Kompetensi bahasa Inggris, naskah lagu-lagu

This study was intended to investigate whether or not there was a significant difference in the students’ English competence which was taught by using scripted songs and conventional teaching. The population of this study was the four grade students at primary school in sub-district Tegallalang, Gianyar – Bali. Post test only control group design was used in this study. Through random sampling, the two schools were taken as sample in this study, namely SD N 1 Kedisan and SD N 2 Kedisan. Then, by implementing lottery technique was determined that SD N 1 Kedisan was assigned as experimental group and SD N 2 Kedisan was assigned as control group. The experimental group was taught by using scripted songs, while control group was taught by using conventional teaching. The data was obtained from post test then were analyzed by using descriptive statistics and inferential statistics. The result of data analysis showed that experimental group obtained better achievement in English competence than control group. It had been proven from the mean score of the experimental group was 86 while the mean score of control group was 66. Moreover, the result of the inferential statistics was found that the value of t observed (tobs) was 12.97 higher than the critical value of t (tcv) was 1.99 at 0.05 level significant. This proved that there was a significant difference in the students’ English competence which was taught by using scripted songs and conventional teaching. Therefore the null hypothesis (Ho) was rejected.
keyword : English competence, scripted songs

Published

2014-07-16

Issue

Section

Articles