PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SMP DI KOTA SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6058Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan (1) prototipe model pembelajaran pemecahan masalah berorientasi kearifan lokal; (2) buku pegangan siswa; (3) lembar kerja siswa (LKS); (4) RPP; dan (5) buku petunjuk guru. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama tiga tahun, dengan mengadaptasi model 4 D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Pada tahun ini, pelaksanaan tahap define dan design untuk melakukan analisis kebutuhan dan penyusunan prototipe model dan perangkat pembelajaran. Hal ini dilakukan dengan (a) studi lapangan dan studi pustaka, (b) kerja tim untuk merancang prototipe model dan perangkat pembelajarannya, (c) validasi ahli dan panel group discussion untuk melakukan pengkajian kesesuaian prototipe tadi dengan karakteristik siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan prototipe model dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualifikasi ‘valid’.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)