PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475

Keywords:

Kurikulum 2013, Multimedia, Tematik

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil perancangan multimedia pembelajaran tematik Kurikulum 2013 untuk siswa Sekolah Dasar Kelas IV yang berkualitas dan siap untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui instrumen penilaian pakar media pembelajaran, pakar desain multimedia, dan pakar pembelajaran tematik. Multimedia diujicobakan secara perorangan dan kelompok kecil untuk memperoleh respon user. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian oleh pakar media pembelajaran, pakar desain multimedia, dan pakar pembelajaran tematik, menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan sudah berkualifikasi baik. Hasil uji perorangan yang dilakukan oleh Guru Kelas IV SD Laboratorium Undiksha menunjukkan bahwa multimedia berkualifikasi sangat baik, dan hasil uji kelompok kecil diperoleh bahwa multimedia berkualifikasi baik. Hal itu berarti multimedia yang dikembangkan sudah siap untuk digunakan secara publik

Author Biography

Komang Sujendra Diputra, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Alfar, I. 2009. Preparation and Production of Interactive Multimedia Software, Second Edition. Delta Computer Technology: Egypt.

Agung, A. A. G. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Aloraini, S. I. 2005. Distance learning. Alretha Press: Kingdom of Saudi Arabia.

Andresen, B. B. & Brink, K. 2013. Multimedia in Education Curriculum. Moscow: UNESCO Institute for Information Technologies in Education.

Baharul Islam, M., Ahmed, A., Kabirul Islam, M. & Shamsuddin, A. K. 2014. Child Education Through Animation: An Experimental Study. International Journal of Computer Graphics & Animation (IJCGA),Vol.4, No.4.

Chaeruman, U. 2010. E-Learning dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Kemendiknas.

Gilakjani, A. P. 2012. The significant role of multimedia in motivating EFL learners’ interest in English language learning. I.J.Modern Education and Computer Science, Vol. 4, No .4, hlm. 57-66.

Shah, I. & Khan, M. 2015. Impact of Multimedia-aided Teaching on Students’ Academic Achievement and Attitude at Elementary Level. US-China Education Review A, Vol. 5, No. 5, hlm. 349-360

Lee, L. 2006. Information and Communication Technologies: Transforming Views of Literacies in Early Childhood Settings. ISSN, Vol. 26, No. 1, hlm. 46-62.

Lee, Y., & Keckley, K. 2006. Effects of a teacher-made multimedia program on teaching driver education: A case study. Teaching Exceptional Children Plus, Vol. 2, No. 5.

Nachimuthu, K. 2012. Pressures and Pressures of e-contents in Teaching. International Journal of New Innovations, Vol. 1, No. 2, hlm. 337-340.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Plomp, T. 1997. Educational and Training System Design. Enschede: University of Twente.

Shilpa, S. & Sunita, M. 2016. A study an interactive elementary education (3-6) with Multimedia. International Journal of Home Science, Vol. 2, No. 1, hlm. 214-215.

Soland, J., Hamilton, L. S. & Stecher, B. M. 2013. Measuring 21st Century Competencies: Guidance for Educators. Tersedia di http://asiasociety.org/ diakses tanggal 20 Oktober 2016

Suarsana, I M., & Mahayukti, G.A. 2013. Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 2, No. 2, hlm. 264-275.

Suwindra, I. N. P. 2004. Penerapan Model Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis Web di Kelas I SMU Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. No 3, hlm. 85-95.

Suwindra, I N. P., Sujanem, R., & Suswandi, I. 2012. Pengembangan Modul Software Multimedia Interaktif dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 1, No.1, hlm. 13-27.

Vaughan, T. 2011. Multimedia: Making It Works, Eight Edition. New York: McGraw-Hill Companies

William, D.C., Pedersen, S., & Liu, M. 1998. An Evaluation of the Use of Problem-Based Learning Software By Middle School Students. Journal of Universal Komputer Science. Vol. 4, No. 4, hlm 466-483.

Downloads

Published

2016-10-10

Issue

Section

Articles