IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Authors

  • Ni Made Ayu Suryaningsih Universitas Dhyana Pura
  • I Made Elia Cahaya Universitas Dhyana Pura
  • Christiani Endah Poerwati Universitas Dhyana Pura

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8559

Keywords:

kreativitas, inkuiri terbimbing berbasis permainan.

Abstract

Penerapan pembelajaran pada anak usia dini saat ini masih cenderung menggunakan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah. Hal ini mengakibatkan rendahnya perkembangan kreativitas anak. Sehingga dibutuhkan suatu cara dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian metode pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis permainan dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode observasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa di TK Pradnyandari III, dengan objek penelitian  implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis permainan terhadap peningkatan kreativitas anak usia dini. Pada observasi awal, ketuntasan kreativitas anak hanya mencapai 22,72 %. Pada penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis permainan dalam siklus I terjadi peningkatan kreativitas anak menjadi 54,54%. Dan kembali mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86,36%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi metode pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis permainan dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini.

Author Biographies

Ni Made Ayu Suryaningsih, Universitas Dhyana Pura

Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini

I Made Elia Cahaya, Universitas Dhyana Pura

Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini

Christiani Endah Poerwati, Universitas Dhyana Pura

Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini

References

Agung, AA Gede. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Malang : Aditya Media Publising

Christianti, Marta. 2007. Anak dan Bermain. Makalah disajikan dalam Jurnal Club Prodi PGTK UNY dan majalah EduTOT PGTK UNY.

Madya, Suwarsih. 2011. Penelitian Tindakan: Action Research; Teori dan Praktek. Bandung : Alfabeta.

Mudlofir, Ali & Rusydiyah, E.F. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktek. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Rachmawati, Yeni & Kurniati, Euis. 2012. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alvabeta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Wartono. 1999. Metode Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.

Downloads

Published

2016-10-10

Issue

Section

Articles