EVALUASI PROGRAM SERTIFIKASI KOMPUTER PADA UNIVERSITAS TEKNOLOGI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL CSE-UCLA

Authors

  • Dewa Gede Hendra Divayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ayu Dessy Sugiharni STMIK STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8586

Keywords:

CSE-UCLA, Sertifikasi Komputer, Evaluasi Program

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program sertifikasi komputer pada Universitas Teknologi Indonesia. Penelitian ini tergolong penelitian evaluatif dengan menggunakan  model CSE-UCLA yang terdiri dari komponen system assesment, program planning, program implementation, program improvement dan program certification. Subjek penelitian ini terdiri dari: kepala laboratorium, tim pengelola sertifikasi, dan mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk menganalisis persentase tingkat efektivitas tiap-tiap komponen dalam model CSE-UCLA dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis kendala-kendala yang menyebabkan hasil evaluasi tidak sesuai dengan standar keberhasilannya. Hasil evaluasi program sertifikasi komputer pada Universitas Teknologi Indonesia menunjukkan bahwa rata-rata tingkat efektivitas pelaksanaan program pada komponen system assesment sebesar 84,73%, program planning sebesar 83,87%, program implementation sebesar 85,24%, program improvement sebesar 84,17%, dan program certification sebesar 84,75%. Dengan melihat rata-rata hasil evaluasi pelaksanaan program sertifikasi komputer pada Universitas Teknologi Indonesia secara keseluruhan yaitu sebesar 84,55% maka tingkat efektivitas pelaksanaan program tergolong kategori baik.

Author Biographies

Dewa Gede Hendra Divayana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Teknik Informatika

Gusti Ayu Dessy Sugiharni, STMIK STIKOM Bali

Jurusan Sistem Komputer

References

Rosyanda, D. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana Pronada Media.

Oriondo, L. Layola, dan E.M.D. Antonio. 1998. Evaluating Educational Outcoms. Manila: Rex Book Store.

Sukardi, H.M. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Djaali dan P. Mulyono. 2004. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Mardapi, D. 2012. Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan.Yogyakarta: Nuha Medika.

Tayibnapis, F.Y. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suryanto, Adi, A. Gafur, dan F.X. Sudarsono. 2013. Model Evaluasi Program Tutorial Tatap Muka Universitas Terbuka. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(2): 198-214.

Downloads

Published

2016-10-10

Issue

Section

Articles