MISKONSEPSI DALAM MATERI IPA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dek Ngurah Laba Laksana STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588

Keywords:

miskonsepsi, IPA SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada calon guru dalam materi IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memaparkan lebih dalam mengenai jenis miskonsepsi yang terjadi. Subjek dalam penelitian ini adalah calon guru SD. Jumlah subjek yang dijadikan responden adalah 64 orang, yang terdiri dari 44 orang calon guru perempuan dan 20 orang laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) terjadi miskonsepsi dalam berbagai konsep IPA di sekolah dasar, (2) konsep-konsep yang dominan mengalami miskonsepsi dengan persentase lebih dari 60% adalah (a) konsep zat-zat yang diperlukan dalam proses fotosintesis tumbuhan hijau, b) konsep fotosintesis membutuhkan cahaya, 3) konsep massa jenis zat, dan 4) konsep gerak jatuh bebas.

Author Biography

Dek Ngurah Laba Laksana, STKIP Citra Bakti

Elementary school

References

Akbas, Y & Gencturk, E. 2011. The Effect of Conceptual Change Approach to Eliminate 9th Grade High School Students’ Misconceptions about Air Pressure. Educationals Sciences: Theory & Practice, 2217-2222

Amien. 1990. Pemetaan Konsep: Suatu Tehnik untuk Meningkatkan Belajar yang Bermakna. Mimbar Pendidikan Tahun IX, 55-69.

Cakir, M. 2008. Constructivist Approaches to Learning in Science and Their Implications for Science Pedagogy: A Literature Review. International Journal of Environmental & Science Education, 3 (4), 193-206

Degeng, I N. S. 2013. Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variable untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Aras Media

Fowler dan Jaoude. 1987. Using hierarchichal concept /proposition maps to plan instruction that addresses existing and potential student misunderstanding in science. New York: Cornell University.

Gagne, R.M. 1985. The Condition of Learning and Theory of Instruction. New York: CBS College Publishing.

Hershey, D. R. 2004. Avoid misconceptions when teaching about plants. Actionbioscience.org.http://www.actionbioscience.org/education/hershey.html (diakses 31 Oktober 2015)

Howe, A. C. 1993. A Vygotskian Perspective on Teaching for Conceptual Change. In The Proceedings of the Third International Seminar on Misconceptions and Educational Strategies in Science and Mathematics, Misconceptions Trust: Ithaca, New York.

Laksana, D.N L. 2014. Profil Pemahaman Konsep IPA Guru-Guru Kelas Sekolah Dasar di Kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 1 (1), 15-26.

Longfield, J. 2009. Discrepant Teaching Events: Using an Inquiry Stance to Address Students’ Misconceptions. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 21 (2), 265-271

Novak. 1987. Proceeding of the second international seminar misconcepsition and educational strategies in Science and Mathematics. New York: Cornell University

Reigeluth, C.M. & Carr-Cheliman, A.A. 2009. Theories for Different Outcomes of Instruction. Dalam C.M. Reigeluth, & A.A. Carr-Cheliman (Eds.), Instructional-Design Theories and Models: Building a Common Knowledge Base, Vol. 3 (hal. 195-197), New York: Routledge.

Sadia, I W. 2001. Pengembangan Buku Ajar IPA Pendidikan Dasar Berwawasan Sains-Teknologi-Masyarakat (Studi Pembelajaran IPA Menuju Siswa Yang Literasi Sains dan Teknologi). Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: STKIP Singaraja

Seraphin, K.D., Philippoff, J., Kaupp, L. & Vallin, L.M. 2012. Metacognition as means to increase the effectiveness of inquiry-based science education. Science Education International, 23 (4), 366-382

Setiawati, G.A.D. 2011. Kajian Miskonsepsi dalam Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Pelajaran 2010/2011. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo.

Suryanto. 1997. Pemahaman guru Sekolah Dasar (SD) terhadap Konsep konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Suatu diagnosis adanya miskonsepsi. Laporan Penelitian (Tidak diterbitkan) Jakarta: Pusat Penelitian Universitas Terbuka

Timur, S. 2012. Preschool Teachers Concerning the Subject “Force and Motion”. Educationals Sciences: Theory & Practice, 3038-3049

Yuliati, L. 2007. Miskonsepsi dan Remediasi Pembelajaran IPA. Buku Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2016-10-10

Issue

Section

Articles