PENGARUH MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEMAMPUAN DASAR SENAM LANTAI PADA MAHASISWA JURUSAN PENJASKESREK UNDIKSHA

Authors

  • Luh Putu Spyana Wati Kadek Yogi Parta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8932

Keywords:

Model Pembelajaran, Media pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan perbedaan hasil belajar kemampuan dasar senam lantai yang signifikan antara model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Devision (STAD). (2) menjelaskan perbedaan hasil belajar kemampuan dasar senam lantai antara mahasiswa yang belajar dengan media VCD dan media gambar. (3) menjelaskan pengaruh interaktif antara model dan media pembelajaran terhadap hasil belajar.  Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 6 kelas yang terdiri dari 156 mahasiswa. Sampel diambil 4 kelas dengan cara simple random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan dianalisis dengan ANACOVA faktorial 2×2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan dasar senam lantai yang signifikan antara model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Devision (STAD) (F = 64.805; p<0.05), dimana hasil belajar kemampuan dasar senam lantai pada mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran Student Teams-Achievement Devision (STAD), (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara media pembelajaran VCD dengan media pembelajaran gambar terbukti pada nilai (F= 52.577; p<0.05), (3) terdapat pengaruh interaktif antara media dan model pembelajaran terhadap hasil belajar kemampuan dasar senam lantai terbukti pada nilai (F= 88.185; p<0.005).

References

Cirtha, I W. 2012. Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI dengan penerapan pembelajaran konstektual berbantuan media CD interaktif dilengkapi bahasa isyarat di SLB-B Negeri Singaraja. Tesis Program Pasca Sarjana. Program Studi Teknologi Pembelajaran Undiksha Singaraja.

Chikmiyah, C. & Sugiarto, B. 2012.Relationship between metacognitive knowledge and student learning outcomes through cooperative learning model type think pair share on buffer solution matter. Unesa Journal of Chemical Education. 1(1).55-61. Tersedia pada:http: //ejournal. unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemicaleducation/ article/ciew/ 155/91

Eslamian, D, Aref, K. & Aref, K. 2012.The influence of cooperative learning on academic performance.Journal of American Science.8 (2). 200-203. Tersedia pada:http://www. netwebelites olutions.com/Whitepapers/netwebcoopchinese.pdf.

Husdarta. 2000. Manajemen pendidikan jasmani. Bandung: Alfabeta

Isjoni. 2010. Cooperatif learning efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta.

Isjoni, H. 2011. Pembelajaran kooperatif.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kian, T. Neo, M. Kwok, J, W. Tan, J, Y. Lai, H, C. & Zarina, E, C. 2012. Designing multimedia content to foster active learning in a malaysian classroom.Australian Journal of Educational Technology.28(5). 857-880. Tersedia pada: http://connection. ebscohost.com/carticles/83767429/mice-2-0designin g-multimedia-content-fosteractive-learning-malaysian class room

Longe, I. M. 2012.Effects of video compact disc (VCD) based instructions on students’ learning outcomes in an introductory technology class in nigerian secondary schools.African Journal of Computing & ICT. 5(4). 69-72. Tersedia pada :http://www.aocict. net/uploads/Paper 9 Longe_ Ibukun Effects_of_Video Compact_Disc VCD Based_ Instructions_On_ Students%E2%80%99_Learning_AJOCICT Vol_5 No 4 June 2012.pdf

Nejadghanbar, H. & Mohammadpour, L. 2012.On the effect of interest-oriented student team achievement divisions on the reading comprehension achievement of English as a foreign language.Journal of Academic and Applied Studies.2(11). 21-23. Tersedia pada: http://www. academians. org/Articles/November2012-3.pdf

Oloyode, E. O, Adebowale, O. F, & Ojo, A. A. 2012. The effects of competitive, cooperative, and individualistic classroom interaction models on learning outcomes in mathematics in nigerian senior secondary schools.International Scholary Research Network. Tersedia pada: http://www. Hindawi.com/isrn/ education/2012/26381/

Sugiyono, 2009.Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2009. Mendisain model pembelajaran inovatif progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Tristiantari, N. K. D. 2013. Pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemampuan berbicara dan keterampilan berpikir kreatif pada siswa kelas V sekolah dasar negeri III kecamatan seririt. Tesis. Program Pasca Sarjana. Program Studi Pendidikan Dasar Undiksha Singaraja.

Downloads

Published

2016-04-18

Issue

Section

Articles