MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU-GURU IPA MELALUI PENDAMPINGAN LESSON STUDY

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v5i2.8550

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan pendampingan pelaksanaan pembelajaran dengan pola lesson study bagi guru IPA di SMP N 1 Singaraja. Dalam kegiatan ini yang menjadi prioritas adalah membantu guru dalam penyusunan lesson design dan proses refleksi pembelajaran lesson study. Pelaksanaan kegiatan ini yaitu melakukan pendampingan guru model yang dipilih dalam melaksanakan pembelajaran lesson study. Pendampingan dilaksanakan tiga siklus pada mata pelajaran IPA di Kelas VIII SMP N 1 Singaraja, yang mana masing-masing siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu : plan, do, dan see. Adapun jumlah guru yang terlibat sebanyak 1 orang yang bertindak sebagai guru model dan 1 orang kepala sekolah sebagai observer. Sedangkan tim lesson study berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha yang terdiri dari 6 orang dosen dimana 2 dosen adalah tim pelaksana kegiatan.

Berdasarkan hasil pendampingan lesson study yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, terdapat peningkatan yang signifikan kualitas pembelajaran IPA yang diselenggarakan guru model. Hal ini terlihat dari kemampuan guru dalam melakukan persiapan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran merujuk pada lembar observasi lesson study yang dikembangkan. Berdasarkan hasil refleksi di tiap siklus menunjukkan peningkatan yang signifikan dilihat dari ketercapaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan pada tahap lesson study sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan pola pembelajaran lesson study bagi guru IPA SMP N 1 Singaraja mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru model dan bermuara pada peningkatan kualitas pembelajaran IPA itu sendiri.

References

Faizah, Dewi U. 2008. Keindahan Belajar dalam Perspektif Pedagogi. Jakarta: Cindy Grafika.

Hendayana, S., dkk. 2006. Lesson study: Suatu Strategi Untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung

UPI Press.

Hollingsworth, H., & Oliver, D. 2005. Lesson Study : A Professional Learning Model That Actually Makes A Difference, 1–8. Retrieved from E-journal link(s): http://elinks.dialog.com/ diakses pada 12 Maret 2015

Institute of Education Sciences. 2014. What is Lesson study?. http://www.lessonresearch.net/ Diakses pada 12 Maret 2015.

Mahmudi, Ali. 2006. Lesson study. Makalah Disampaikan pada Pelatihan Tentang Lesson studyBagi Guru-Guru MGMP Bidang Studi Matematika dan IPA Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta Pada 12 Oktober 2006.

Ahmad Sanusi dkk, 1996, Studi Pengembangan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan, Bandung: PPS IKIP.

Mujtahid, 2009, Pengembangan Profesi Guru, Malang:UIN-Malang Press.

Udin Syaefudin Sa’ud, 2009, Pengembangan Profesi guru, Bandung:Alfabeta.

Saudagar dan Idrus, 2009, Pengembangan Profesionalitas Guru, Jakarta: Gaung Persada Press.

Sudrajat, Akhmad. 2014 Jenis Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. diambil dari : https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2014/10/15/3-jenis-kegiatan-pengembangan-profesi-guru/(diakses dari Tanggal 25/11/2016, Pukul 19:17 WIB)

Uhar Suharsaputra, 2013. Pengembangan Profesi Pendidik/Guru. diambil dari: https://uharsputra.wordpress.com/supervision/pkb-guru/pengembangan-profesi-pendidik-guru/(diakses dari tanggal 25/11/2016, pukul 19:27 WIB)

Danim, S. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan National Science Education Standards Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Satori (1989). Pengembangan Model Supervisi Sekolah Dasar. Disertasi Doktor PPS IKIP Bandung.

National Committee of Science Education. (1996).. Washington DC : National Academy Press.

Sallis, E. (2007). Total Quality Management in Education. Manajemen Mutu Pendidikan. Yogjakarta : IRCISod.

Sriyati, S. (2007). Peningkatan Profesionalisme Guru dan Kualitas Pembelajaran Biologi di Sekolah Melalui Lesson Study. Jurnal Pengajaran MIPA. Volume 9 Nomor 1, Juni 2007. pp 10-19.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Cerbin, W. and Kopp B. (2006). Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. Volume 18, Number 3, pp 250-257.

Downloads

Published

2017-01-31

Issue

Section

Articles