PEMBERDAYAAN MATERI AJAR BERBENTUK DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI OPEN OFFICE SUN MICROSYSTEM BAGI GURU-GURU SMA SE-KECAMATAN UBUD

Authors

  • Dewa Gede Hendra Divayana Universitas Pendidikan Ganesha
  • P. Wayan Arta Suyasa
  • I Made Agus Wirawan
  • I Made Putrama

DOI:

https://doi.org/10.23887/jwl.v5i2.8870

Abstract

Tujuan utama diadakan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: 1) untuk mengetahui tingkat pengetahuan para guru SMA di Kecamatan Ubud tentang keberadaan open office sun microsystem, 2) untuk mengetahui tingkat kemampuan para guru SMA di kecamatan Ubud dalam membuat materi ajar berbentuk digital. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini yaitu metode pelatihan. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini dibuktikan dari hasil test kognitif yang didapatkan oleh peserta pelatihan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 80.67, hasil test praktek dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 81.60, dan dari hasil respon yang diberikan oleh peserta pelatihan melalui angket, dengan perolehan prosentase sebesar 93.33%.

Kata kunci: Materi Ajar, Digital, Open Office Sun Microsystem

Author Biography

Dewa Gede Hendra Divayana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Teknik Informatika

References

Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 7 Tahun 2013.

Rakhmawati, N A. 2006. Software Open Source, Software Gratis?, JUTI Vol. 5, No.1, Januari 2006, h. 13-18.

Wirawan, I.M.A. 2013. Laporan Akhir P2M, IbM Pelatihan Desain Grafis Untuk Anak-anak Panti Asuhan se-Kecamatan Buleleng. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

http://www.opensource.org/

http://www.openoffice.org/

Downloads

Published

2017-01-31

Issue

Section

Articles