PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAYA DAN TEKANAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VII

Authors

  • Ni Wayan Marti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v6i2.168

Abstract

Multimedia pembelajaran merupakan komponen sistem
penyampaian pengajaran yang dapat digunakan dalam mendukung proses pembelajaran. Pengembangan multimedia dilandasi oleh persepsi bahwa pembelajaran akan berlangsung dengan baik, efektif, dan menyenangkan jika didukung oleh media pembelajaran yang dapat menarik minat dan perhatian siswa. Oleh karena itu, pengembang perlu memahami konsep, model, prinsip, desain, dan evaluasi multimedia pembelajaran.
Salah satu produk teknologi yang dapat digunakan sebagai
inovasi dalam pembelajaran adalah komputer. Komputer sebagai salah satu produk teknologi dinilai tepat digunakan sebagai alat bantu pengajaran. Keberadaan komputer yang telah meluas sampai tingkat sekolah menengah saat ini belum banyak digunakan untuk meningkatkan prestasi khususnya dalam pembelajaran Fisika.
Dalam pembelajaran Fisika dalam hal ini materi Gaya dan
Tekanan sangat membutuhkan pemahaman yang tinggi dari siswa. Sehingga perlu dibantu oleh suatu media pembelajaran yang didesain menarik dan dilengkapi dengan animasi, audio, maupun video sehingga proses pembelajaran akan berjalan dengan suasana baik dan tidak membosankan. Media pembelajaran gaya dan tekanan ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash.
Kata-kata Kunci : Media Pembelajaran, Gaya dan Tekanan, Multimedia dan Macromedia Flash

Downloads