PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN BEBAS PUSTAKA ONLINE UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSILAYANAN PERPUSTAKAAN (STUDI KASUS: UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA)

Authors

  • I Made Pendra Mahardika

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v3i1.2911

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang bangun program layanan bebas pustaka online dan mengetahui implementasi program layanan bebas pustaka online dalam rangka meningkatkan efektifitas dan efisiensi layanan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang menghasilkan produk berupa software berikut pengujian terhadap keefektifan produk tersebut. Objek penelitian ini adalah mahasiswa yang mencari bebas pustaka. Data dikumpulkan menggunakan metode angket/kuisioner, observasi dan wawancara tidak terstruktur. Hasil pengumpulan data kemudian dianalisis secara deskriptif dengan memaknai hasil hitungan data kuantitatif maupun hasil data kualitatif. Hasil penelitian yang telah dicapai adalah (1) programlayanan bebas pustaka online ini sudah sesuai dengan standar mutu suatu program karena telah memenuhi kreteria seperti reliability, correctness, useability, maintainability, testability, interoperationability, flexibility dan overall satisfaction. (2) Program ini memperoleh tanggapan positif dari pustakawan (ahli perpustakaan) yang menyatakan bahwa program layanan bebas pustaka online sangat urgent untuk diterapkan pada perpustakaan UNDIKSHA, hal ini merujuk pada paradigma teknologi informasi online yang mampu memberikan layanan secara efektif, efesien dan akurat tanpa batasan ruang maupun waktu. (3) implementasi program ini mendapatkan respon sangat positif dari pengguna berdasarkan hasil ujicoba program dan respon pengguna. Hal ini ditunjukkan dari 98% pengguna setuju penerapan program ini dengan indikator relevansi (100%), efesiensi (99,33%), keakuratan (97%), Kepuasan(99%).Program layanan bebas pustaka online sudah sesuai dengan harapan dan kebutuhan pengguna.

Downloads

Issue

Section

Articles