IMPLEMENTASI DYNAMIC INTELECTUAL LEARNING (DIL) SEBAGAI SALAH SATU ADAPTIVE LEARNING MODEL

Authors

  • Ni Ketut Suarni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v1i1.6020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan implementasi sistem Dynamic Intellectual Learning (DIL). DIL adalah pengembangan dari sistem e-learning yang memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk mengakses materi-materi pembelajaran sesuai dengan kemampuan intelektual yang dimiliki. Implementasi sistem ini akan dilakukan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Pendidikan Ganesha dalam mata kuliah “Perkembangan Pendidikan Anak”. Ada 44 mahasiswa yang terlibat dalam implementasi sistem ini. Hasil implementasi ini menunjukkan bahwa setiap mahasiswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk menguasai materi pembelajaran. Jumlah akses yang paling sedikit dilakukan untuk menguasai 14 materi yang terdapat dalam sistem DIL adalah 8 kali. Sedangkan jumlah akses yang paling banyak dilakukan adalah 23 kali. Hasil implementasi ini menunjukkan bahwa memberikan keleluasaan terhadap mahasiswa (peserta didik) untuk mengakses materi pembelajaran sesuai dengan kemampuannya sangat perlu dilakukan. Sehingga waktu yang tersisa dari 14 kali pertemuan tersebut bisa digunakan untuk aktivitas lainnya, seperti: pemberian tugas, diskusi kelompok, maupun praktek di lapangan. Hal inilah yang tidak diperoleh dalam pembelajaran konvensional.

Downloads

Issue

Section

Articles