RANCANG BANGUN APLIKASI ANDROID POS (POINT OF SALE) KAFE UNTUK KASIR PORTABLE DAN BLUETOOTH PRINTER

Authors

  • Gilang Pamungkas
  • Herman Yuliansyah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v6i1.8828

Abstract

Kafe merupakan salah satu jenis usaha di bidang kuliner yang banyak diminati pengunjung. Beberapa permasalahan yang ada adalah sistem transaksi keuangan di kafe belum memanfaatkan kasir digital, hanya berupa mesin drawer. Sehingga terdapat batasan pada perhitungan transaksi. Tujuan dari penelitian menghasilkan aplikasi kasir tablet android untuk membantu proses transaksi penjualan dan dapat merekapitulasi laporan data transaksi di kafe. Selain itu, pada aplikasi ini ditambahkan fitur pencetakan kwitansi untuk pelanggan. Pengujian aplikasi android dilakukan dengan metode unit test dan menunjukkan sudah berjalan dengan lancar dan tidak ada method yang error, sehingga dapat dinyatakan lolos. Selain itu, pengujian black box test dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan yang telah dirancang.

References

D. A. Hidayat, “Rancang Bangun Aplikasi Point Of Sale (POS) Berbasis Web dengan Pemanfaatan Trigger Pada Distribution Store Cv. Nmrq,” Univ. Tanjungpura, 2014.

D. Jeafri, Yofi Okta; Lulu W, Yohana Dewi; Nurmalasari, “Aplikasi Financial Record Income dan Expense Untuk Usaha Perkantoran dengan Menggunakan Metode Common Size Berbasis Android (Studi Kasus : Toko Bintang Satu),” Poltek Caltex Riau, 2012.

E. Setiawan, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online - arti kata kafe,” KBBI ONLINE, 2012. [Online]. Available: http://kbbi.web.id/kafe. [Accessed: 16-Apr-2015].

Hendry, Membangun Aplikasi Point Of Sale dengan VB 6.0, MySQL, dan PHP. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.

I. A. R. Ginting, “Rancang & Implementasi Point Of Sales (POS) Berbasis Web Pada Distro Previous,” STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2011.

K. Goenawan, Izin Beres Bisnis Sukses. Yogyakarta: Pustaka Grahatama, 2008.

L. Jamal, Ahmad; Yulianto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Aplikasi Kasir Menggunakan Barcode Reader Pada Toko dan Jasa Widodo Computer Ngadiharjo Kabupaten Pacitan,” Indones. J. Comput. Sci., 2013.

M. I. M. E. Putra, “Aplikasi Ponsel Berbasis Android untuk Penjualan Pada Kios Eceran Q-Mono Flower,” STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2012.

Y. Supardi, Semua Bisa Menjadi PROGRAMMER Android Case Study. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

Downloads

Published

2017-03-30

Issue

Section

Articles